Postingan

Menampilkan postingan dengan label #30HariKebaikanBPN

3 HAL YANG DILAKUKAN UNTUK MENYAMBUT LEBARAN

Gambar
Ramadhan berlalu maka datanglah lebaran. Lebaran atau hari kemenangan bagi seluruh umat Muslim di dunia, setelah selama satu bulan berjuang atau berperang melawan hawa nafsu. Gema takbir berkumandang di seantero jagad raya, disambut suka cita dan penuh luapan kegembiraan oleh semua orang. Selain baju baru, makanan khas lebaran, mudik atau uang THR apakah ada hal lain yang biasa dilakukan untuk menyambut lebaran. berikut 3 hal yang biasanya dilakukan untuk menyambut lebaran : TAKBIR KELILING Kalau di daerah aku takbir keliling ini disebut “Oncor-oncoran” . Takbir keliling kampung dengan membawa oncor yang dibuat dari sebatang bambu yang sudah dipotong, untuk panjang pendeknya bisa disesuaikan, kemudian diisi minyak tanah, untuk sumbu biasanya pakai sabut kelapa. Biasanya anak-anak kecil di kampung atau kalau disini satu dusun dibawah komando takmir masjid atau anak karang taruna, mereka akan keliling kampung, melewati gang-gang kecil dengan berjalan kaki sambil melafalkan t

DOA DAN HARAPAN DI PENGHUJUNG RAMADHAN TAHUN INI

Gambar
Ramadhan sudah dipenghujung waktu, ia akan pergi sejenak dan nanti dia akan kembali lagi. tapi kita tidak tahu apakah masih dipertemukan kembali dengan Ramadhan nanti atau tidak kita semua tidak ada yang tahu. Seluruh umat Islam di seluruh dunia, disetiap akhir Ramadhan selalu berdoa dan berharap agar tahun depan bisa bertemu kembali dengan bulan Ramadhan, bulan penuh berkah dan barokah. Segela pembelajaran selama Ramadhan semoga bisa menjadi bekal kita menghadapi 11 bulan yang lain. semoga nuansa Ramadhan akan tetap terasa dalam diri kita masing-masing. Ada banyak harapan dan doa yang terlantun di penghujung Ramadhan ini. Harapan untuk tetap menjadi manusia yang lebih baik adalah harapan seluruh manusia di dunia ini tanpa terkecuali. Satu bulan penuh melatih diri untuk menahan lapar, haus dan emosi semoga di 11 bulan yang lain, bisa menjalankan puasa sunah dengan rutin tanpa beban di hati. Satu bulan penuh, kita dengan mudah bangun dini hari untuk menjalankan ibada

MOMEN TERBAIK SAAT INI

Gambar
Harapan setiap Ramadhan adalah bisa menjalankan puasa Ramadhan lebih baik dari Ramadhan tahun sebelumnya. Lalu bisa ikut shalat ied di Masjid, Ramadhan tanpa shalat ied itu ibarat sudah berjuang sekuat tenaga tapi tidak bisa ikut merayakan. Dan menjadi seorang perempuan pasti ada masa-masa dimana kita harus merelakan tidak ikut shalat ied. Ramadhan adalah bulan terbaik, Ramadhan adalah bulan pendidikan. Satu bulan penuh kita belajar untuk bisa bangun dini hari, belajar untuk lebih giat beribadah, shalat lima waktu dan tepat waktu, ngaji al-quran tidak hanya satu juz setiap harinya. Di 11 bulan yang terasa berat ternyata begitu mudah dijalankan saat Ramadhan. Hal terbaik yang aku rasakan saat ini adalah, terbiasanya diriku bisa bangun dini hari, untuk melaksanakan shalat malam, secercah harapan semoga ini bisa menjadi bekal di 11 bulan kemudian. Karena bangun malam itu berat, alarm sudah bekerja maksimal tapi apa daya diri ini sangat lemah untuk membuka mata. Shalat isyak

JAJANAN SAAT LEBARAN YANG PALING DITUNGGU-TUNGGU

Gambar
Kue lebaran atau jajanan lebaran biasanya sudah disiapkan jauh-jauh hari. Sebagian orang ada yang membeli atau membuat sendiri. Kita berlomba-lomba untuk memberikan hidangan yang terbaik untuk mereka yang berkunjung ke rumah. Toko-toko baik di pasar, swalayan atau kelontong mereka juga banyak menjual beraneka macam pilihan jajanan yang untuk lebaran. Beraneka macam jenis panganan dengan berbagai macam pilihan warna, ukuran mereka sajikan untuk memenuhi pilihan kita akan jajanan saat lebaran. Begitu banyak jenis jajanan saat lebaran, adakah yang menjadi favorit dan selalu kita cari saat berkunjung ke rumah saudara atau tetangga? Berikut jajanan saat lebaran yang paling aku cari saat berkunjung : Tape Makanan atau jajanan berbahan dasar ketan ini menjadi primadona saat lebaran. Rasanya yang manis serta mengandung banyak air yang menambah citra rasa kesegeran dan menambah kenikmatan. Tape adalah salah satu makanan basi yang enak untuk di makan. Biasanya dibungkus daun pi

MENGISI WAKTU SELAMA RAMADHAN

Gambar
Bulan Ramadhan bulan pernuh berkah, bulan dimana semua amal ibadah kita akan dilipat gandakan. Tapi pernah nggak sih kalian bingung ngisi waktu luang di bulan Ramadhan, mau jalan-jalan takut lapar dan haus. Hai namanya juga puasa, pengertiannya aja udah menahan lapar dan haus dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Semua orang puasa pasti merasakan namanya lapar dan hauslah, jadi kita nggak sendirian kok. He he he. Seharian penuh selama Ramadhan, dari adzan subun berkumandang, kita mulai menunggu yang namanya bedug magrib. Kita perlu waktu sekitar 13 hingga 14 jam untuk menunggu bedug magrib. Kalau Cuma menunggu dengan duduk duduk cantik dijamin bosan. Kegiatan apa yang bisa kita lakukan selama Ramadhan, biar menunggu bedug magrib tidak terasa lama dan membosankan, ini ada bebera pilihan semoga bisa membantu. Baca Buku Kegiatan yang paling tidak menyita tenaga. Kalau kalian para penimbun TBR ( To Be Read) , ini adalah waktu terbaik buat kalian. Babat habis TBR mu

TRADISI LEBARAN DARI TAHUN KE TAHUN

Gambar
Lebaran adalah saatnya mempererat jalinan tali silaturohim baik dengan keluarga jauh ataupun dengan tetangga. Saling mengunjungi dihari lebaran adalah salah satu caranya. Biasanya yang muda yang berkunjung ke yang lebih tua. Setiap keluarga selalu punya tradisi yang berbeda. Tradisi inilah yang membuat lebaran sayang untuk dilewatkan. Dan ini adalah tradisi lebaran ala keluarga aku. Bapak dan ibu kebetulan mereka berdua adalah anak terakhir dari masing-masing keluarga. Jadi sudah dipastikan Bapak dan Ibu menjadi yang paling muda. Kebetulan ibu ikut Bapak, otomatis keluarga bapak adalah keluarga yang letaknya paling dekat. Biasanya dan sudah jadi kebiasaan dari tahun ke tahun sejak zaman dahulu, hari pertama dihabiskan untuk mengunjungi ke rumah bude dan pakde (saudara laki-laki atau perempuan dari pihak Bapak) dan selain itu juga berkunjung ke rumah tetangga sekitar. Baru lebaran di hari kedua, satu keluarga dengan formasi penuh, berkunjung ke rumah bude dan pakde (

{Cerita Mini} BAJU BARU UNTUK MBAH SUMI

Gambar
Lebaran kurang beberapa hari lagi, semua umat Islam dengan sukacita menyambut hari idul fitri. Persiapan yang mereka siapkan sudah dimulai jauh-jauh hari. Ratusan ribu bahkan jutaan rupiah rela mereka keluarkan untuk sekedar membeli kue lebaran, baju baru, bagi-bagi THR, membeli perabot rumah baru. Rahma memastikan kembali barang-barang yang akan ia bawa mudik ke kampung, ia akan berangkat naik mobil travel malam ini dengan jadwal berangkat setelah shalat tarawih atau sekitar jam 21.00 wib. Sudah hampir 5 tahun ia bekerja di Ibu Kota Negara Indonesia. Semua persiapan telah Rahma lakukan sejak puasa hari pertama. Baju lebaran buat kedua adiknya, buat kedua orang tuanya, serta kue-kue lebaran buat nanti di hidangkan di rumah, dan jangan lupa oleh-oleh buat tetangga Rahma. Rahma ingin membuat orang tuanya bangga dan ingin mengatakan kepada seluruh tetangganya bahwa ia sudah berhasil di Jakarta, biarkan hanya dirinya dan Tuhan yang tahu bagaimana ia menjalani kerasnya kehidupan i

MENU ANDALAN YANG HARUS ADA SAAT BUKA PUASA BARENG KELUARGA

Gambar
Undangan bukber di bulan Ramadhan dipastikan mengalir deras, mulai dari teman TK hingga kuliah semua berlomba-lomba mengajak untuk buka bersama. Tapi persis seperti apa yang dikatakan oleh Arafah di iklannya yang sering banget muncul akhir-akhir ini, yaitu “Bukber yang paling wah ya sama keluarga” Setiap keluarga, selalu mempunyai menu andalan atau setidaknya menu yang selalu ada saat buka. Kalau nggak menu itu buka terasa kurang lengkap. Ada 3 menu andalan yang siap disajikan di meja makan ala ‘Mamak terlove’, biasanya tidak 3 sekaligus, tapi salah satu saja. Karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Pertama : Sayur Bening Katanya, buka puasa itu paling mantap kalau sudah ‘nyrutup’ kuah sayur bening. Dan lagi tubuh kita memang membutuhkan banyak nutrisi setelah seharian berpuasa. Jadi saat berbuka nggak hanya enak saja yang dikejar. Kedua : Urap Urap atau kalau di sini disebut dengan nama “Krawon” bukan rawon. Ini sayuran lagi bahan dasarnya. Mamak te

MAKE-UP SIMPLE UNTUK LEBARAN ALA BEAUTY VLOGGER SARI ENDAH PRATIWI

Gambar
Siapa yang lebaran ingin tampil cantik dan mempesona? Siapa yang ingin pakai make-up tapi yang simple, cepat dan hasil maksimal? Pasti semua wanita angkat tangan, simple, cepat dan hasil maksimal adalah impian para wanita, apalagi saat harus menunjukkan diri dihari lebaran. Lalu bagaiman agar bis seperti itu? Berikut adalah tutorial dari beauty vlogger Sari Endah Pratiwi dengan akun you tube nya adalah @saritw . dilihat dari postingan dengan judul “Simple Make Up Lebaran-Wardah One Brand Tutorial-Saritw” yang sudah ditonton sebanyak 1.200 an kali dengan jumlah like sebanyak lebih dari 25.000 untuk subscribe-nya sendiri sudah berjumlah sekitar 960.000 . Dalam tutorial make-up sederhana ini, Saritw menggunakan semua produk dari WARDAH. Apa sajakah produk WARDAH yang digunakan oleh Saritw, cek di bawah ini : Foundation Wardah Di video ini foundation yang dipakai adalah Wardah liquid foundation yang shade no 3 dicampur dengan yang no. 1. Sebelum memakai foundation