LIKA LIKU PERJALANAN BLOG. Kawal Terus sampai adsense goal....



Selamat Merayakan Hari Blogger Nasional di tahun 2021 buat para blogger-blogger di seantero Indonesia Raya. Mari sebarkan tulisan-tulisan yang bermanfaat untuk siapapun dan dimanapun. Mari menulis.


Mungkin ada yang masih suka bertanya, sejak kapan membuat blog? Saya sendiri sudah lama membuat blog, tapi untuk benar-benar berusaha semaksimal mungkin untuk konsisten menulis baru sekitar 3 tahun belakang ini, dan itupun masih merasa kurang maksimal. Adakalanya satu bulan tidak posting sama sekali, adakalanya seminggu sekali bisa posting, tapi pernah juga setiap hari posting pas ikutan blog challenge Ramadhan yang selalu diadakan oleh Blog Perempuan Network (BPN), itu bisa posting tiap hari tanpa kendala. He he he


Setiap kali melihat teman-teman blogger yang memposting hasil dari mereka ­nge­-blog, menjadi semacam pemicu semangat untuk bisa mengoptimalkan blog yang sudah aku buat. Kalau mereka bisa, aku juga pasti bisa itu yang selalu aku katakan setiap kali melihat teman-teman yang menang kompetisi lomba blog, melihat mereka yang dapat job review produk di blog, mereka yang bisa jalan-jalan karena blog, dsb. Selain bisa berbagi tulisan yang bermanfaat kita sebagai blogger juga bisa merasakan hasil jerih payah kita menulis secara nyata.


LIKA LIKU NGEBLOG DI TAHUN 2021.


Dua bulan menjelang pergantian tahun. Tidak terasa sudah 10 bulan berlalu di tahun 2021 ini. Dan tahun 2021 menjadi tahun yang sangat berkesan untuk blog aku.


Di tahun 2021, aku memutuskan mengganti alamat blog, dari kosakata271.blogspot.com menjadi vaaridapunya.blogspot.com. Kenapa memutuskan mengganti alamat blog? Karena ingin lebih mudah diingat itu saja alasan simplenya.


Di tahun 2021 juga, tepatnya akhir bulan September kemarin, tidak ada angin tidak ada hujan, tiba-tiba saya memutuskan untuk membeli domain. Web.id menjadi domain pilihan untuk blog aku. Sejak akhir September ini alamat blog aku resmi berganti lagi menjadi www.vaaridapunya.web.id.


Ternyata jalan blog masih penuh lika-liku, tanjakan turunan dsb dan pastinya tetap harus dilewati demi kelangsungan hidup blog lebih baik.


Google Adsense menjadi salah satu cara para blogger mendapatkan penghasilan. Dan akupun memutuskan juga ikutan memasang adsensE. Pasang adsense waktu masih pakai kosakata271.blogspot.com. Seneng banget waktu adsense udah jalan, dipikiran udah membayangkan nanti bakalan melakukan ini itu kalau gaji dari adsens udah cair, ternyata baru bisa cair, kalau sudah sampai ambang minimal Rp. 1.300.000. Dan ternyata masih jauh. He he he mimpinya udah ketinggian.




Pergantian alamat blog ternyata membawa perubahan terhadap iklan adsense yang tayang di blog. Setelah ganti nama ternyata otomatis tidak ada penayangan iklan sama sekali di blog. Waktu cek di akun adsens kok tidak ada perubahan, meski perubahan adsens tidak cepat, biasanya setiap minggu ada perubahan meski sedikit.


Di otak-atik, tetap aja masih belum bisa tayang lagi iklan adsense di blog, lalu memutuskan beli domain, Dan otomatis akun adsense juga memerlukan perubahan. Dan dari sinilah semuanya dimulai dengan segala kepelikannya.




Masih lebih mudah daftar adsense waktu masih pakai domain bawaan, daripada waktu pakai domain berbayar dan liat dari beberapa artikel yang tayang di blog teman-teman, domain web.id memang mendapat perlakuan yang istimewa.


Mengikuti saran dari salah satu artikel di mana agar domain web.id bisa diterima adsens, akhirnya membawaku berkenalan dengan yang namanya google console, google analistyik, dan beberapa istilah blog salah satunya adalah broker link.


Untuk saat ini status adsense masih dalam proses peninjauan atau persiapan situs, perlu waktu kurang lebih dua minggu atau bahkan bisa lebih, doakan ya teman-teman agar prosesnya cepat dan disetujui. Aamiin


Lalu tentang google console, setelah mengaktifkan dan memproses di google console, ternyata situs aku bermasalah dengan yang namanya cakupan yang terindeks oleh robot.s txt.


Dan saya sendiri masih tidak paham dengan permasalah cakupan, indeks dan robot.s txt dari google ini. Sudah mencoba membaca berulang dari apa yang dijelaskan google, sepertinya karena kemampuan otak yang pas-pas penjelsan google sama sekali tidak ada yang aku pahami. Kalau saran dari beberapa teman menyuruh mengganti templete yang dipakai, karena bisa jadi templete tersebut kurang responsive, templete kadaluarsa. Akhirnya aku putuskan untuk ganti templete sebanyak tiga kali, mulai dari templete yang beli, kemudian pakai templete gratis dan akhirnya untuk saat ini masih memakai templete bawaan dari blogspot. Dan apakah masalah cakupan sudah selesai alias beres? Ternyata tidak semudah itu Aliando, Setelah ganti thema blog dengan thema blog bawaan dari blogspot, ternyata masalah cakupan masih perlu diperbaiki lagi. Kalau ada yang pernah bermasalah dengan ini, boleh share solusinya please....


Dari main klik, klik dan klik untuk memperbaiki masalah console, berujung pada pembuatan akun google alaystic. Dan perkenalan baru ini membawa pada permasalahan baru lagi. Dari akun google alaystic kita mendapatkan kode yang nantinya dipasang di blogger, dan permasalahannya adalah tentang kode google alaystic ini, aku mendapatkan kode dengan awalan G, dan ternyata di blogger di tolak karena kode google alaystik harus berawalah UA.


Adsense belum selesai, muncul console dan sekarang google alaystic. Ya tuhan ternyata untuk menjadi blog yang mumpuni memang tidak mudah.


Ada teman blog yang bilang, katanya dia ngurusi adsense untuk blognya  kurang lebih sekitar 4 bulan baru kelar. Katanya ngurusi adsense blog memang bikin stress, tapi kalau udah ketemu nanti bakalan terasa lega banget. Dia juga bilang tidak perlu ada yang dikhawatirkan, selama blog masih bisa diakses. Kalau tiba-tiba not found 402 baru degh kalau mau panik silahkan. He he he dan kata-kata itu menjadi penyemangatku bahwa permasalahan adsense blog dan kawan-kawanya ini bakalan selesai di waktu yang tepat dan targetku akhir tahun ini sudah beres dan di awal tahun 2022 adsense sudah jalan lagi, semoga Aamiin.


Melihat blog teman-teman yang sudah menghasilkan, mungkin mereka juga pernah mengalami apa yang aku alami sekarang, mungkin juga masalah terkait blog yang mereka alami jauh lebih pelik dari apa yang aku alami. Dan mungkin inilah prosesnya. Karena memang benar adanya bahwa proses tidak akan pernah mengkhianati hasil.


Ada sebuah quote yang aku baca dari salah satu akun instagram yaitu Ayahku pernah berkata “Jangan petik hasilnya sementara usahamu baru menghasilkan daun”




Jika blog diibaratkan seperti tanaman, mereka yang sudah menikmati hasil dari nge-blog mungkin tanamana mereka sudah berbunga atau malah sudah berbuah pastinya. Jadi kalau saat ini kita masih belum bisa menikmati hasil dari kita ­ngeblog­ mungkin tanaman kita sedang berproses menguatkan akar, sedang berproses dalam pembentukan daun. Untuk bisa memetik hasilnya masih perlu banyak usaha, pemupukan yang teratur, penyiraman, intesitas cahaya matahari dkk.


Sama Halnya dengan ­ngeblog bukan? Masih banyak ilmu yang harus terus di tingkatkan. Kemampuan menulis yang harus terus diasah, Ilmu tentang copywriting, SEO dll juga perlu dipelajari, ilmu ngedit gambar dan segala printilanny juga harus terus ditingkatkan, dan tentunya masih akan terus bertambah sejalan dengan waktu dan tuntutan teknologi.


Jadi untuk aku pribadi dan teman-teman yang baru mulai ngeblog, jangan pernah menyerah kalau gagal ya terus coba dan coba lagi, terus gali ilmu sebanyak mungkin, dan tetap semangat menulis menyebarkan tulisan.

 

“Kalau kamu bukan anak raja, bukan anak ulama besar, maka menulislah” (Imam Ghozali”




SELAMAT HARI BLOGGER NASIONAL BUAT TEMAN TEMAN BLOGGER DI SELURUH INDONESIA TETAP SEMANGAT MENEBAR KEBAIKAN LEWAT TULISAN.




 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TENTANG LAYANAN SERVICE "JTR" DARI JNE

MERK BUKU TULIS YANG PALING TERKENAL DI INDONESIA

WANITA DAN SIFAT CEREWETNYA