my.id menjadi domain pilihan untuk blog buku aku


Akhirnya, setelah hanya sekedar menjadi wacana dalam beberapa waktu terakhir dan bahkan belum ada niatan sama sekali tetapi malah terealisasi dengan lancar dan bebas hambatan.


Jika beberapa bulan yang lalu, masih setia dan bertahan dengan domain gratis bawaan dari blogspot dan masih belum kepikiran untuk menjadikan blog aku dengan domain berbayar.


Awal September tahun ini menjadi titik awal kembali blog buku untuk memulai perjalanannya. Perjalanan dengan domain yang baru semoga lebih berkah dan barokah. Aamiin


Niat itu berawal dari kepikiran yang terus menerus.


Apa yang menyebabkan kepikiran terus menerus? Hal ini di sebabkan dari postingan teman-teman yang berseliweran baik di instagram atau twitter, banyak teman-teman blogger yang saya ikuti di media sosial yang menggunakan domain yang sudah TLD. Padahal sebenarnya tidak hanya hari ini saja melihat postingan blog teman-teman, tiap hari aku melihatnya, tapi mungkin September tahun ini menjadi puncaknya.


Dari situlah lah, kepikiran untuk mengubah domain blog menjadi yang TLD. Apakah langsung sret...sret....sret dan selesai.


Tentu saja tidak kawan. Karena masih menganut paham “Malu bertanya sesat di jalan.” Akhirnya aku DM lewat akun instgram untuk bertanya tentang domain TLD, Waktu itu aku bertanya kepada kak Tri pemilik blog pohontomat dan Kak Pida pemilik blog pidalandrian.com dan dari mereka berdua aku berkenalan dengan rumahweb.com


Apakah itu rumahweb?


Rumahweb adalah salah satu nama penyedia jasa layanan hosting dan domain berbayar yang ada di Indonesia. CS nya ramah dan sangat membantu sekali, dan bisa dihubungi selama 24 jam, jadi kalau yang mau mengakses tengah malam aman, mereka akan siap membantu.


Setelah melihat mereka baik lewat website ataupun media sosialnya apakah langsung klik...klik...klik dan klik lalu taraaaang blog dengan domain berbayar sudah siap digunakan.


Salah besar, karena masih ada satu hal yang baru aku ketahui setelah mengakses rumahweb.com, apakah itu?


Domain berbayar ternyata tidak hanya satu macam saja.


Selama ini yang aku tahu hanya dot com saja yang merupakah Top Level Domain (TLD). Berapa lama anda nge-blog? Mungkin itu pertanyaan yang pas yang bisa diajukan ke saya pribadi, padahal main blog sudah lama, tapi dasarnya aku aja, karena tidak ada niatan untuk menjadikan blog dengan domain berbayar membuatku sama sekali tidak ada niatan untuk mencari informasi.


Ternyata pilihan domain itu banyak sekali, antara lain .com, co.id, .net, .info, .link dan masih banyak lagi. Untuk hargapun juga sangat bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu.


Dan setelah melihat banyaknya variasi domain yang ada, aku memilih domain produk lokal yaitu my.id


Kenapa memilih my.id ?


Berdasarkan informasi dari pandi.id (Pandi adalah Pengelola Nama Domain Internet Indonesia / .id registri) ada beberapa kelebihan dari domain .dot id (.id) antara lain sebagai berikut :


Menguntungkan


Menguntungkan dalam artian lebih cepat di temukan di mesin pencari oleh konsumen Indonesia. Karena .id adalah domain resmi yang dikhususkan untuk website Indonesia atau biasa disebut Country-Code Top Level Domain (cc-TLD)


Aman dan cepat


Keamanan sudah tidak perlu diragukan lagi, karena seluruh domain dot id berada langsung dibawah otoritas negara Indonesia. Jadi kalau ada tindak penyalahgunaan, negara dapat membantu dalam penanganannya.


Server domain yang berada di Indonesia membuat siapa saja yang akan mengakses website dengan domain .id halamannya akan lebih cepat terbuka.


Banyak pilihan


Dan domain .id banyak sekali pilihannya antara lain : .id, co.id , ac.id, or.id , my.id, web.id , sch. Id dll tinggal pilih mana yang sesuai kebutuhan kita, karena ada beberapa domain .id yang memang dikhususkan untuk hal tertentu saja, misalnya ponpes.id atau desa.id dari namanya sudah kelihatan domainnya bergerak dalam hal apa.


3 hal di atas adalah kelebihan domain .id dibanding domain yang lain. dan my.id merupakan bagian dari domain .id itu sendiri, dan inilah kelebihan domain my.id yang berhasil membuat saya kepincut :


Pertama : Harga lebih murah


Dibandingkan domain .com atau domain .id yang lain, domain my.id jauh lebih murah. Aku kemarin beli domain my.id untuk blog buku di rumahweb.com. Di rumahweb ini untuk biaya pendaftaran my.id dikenakan sebesar Rp. 12.000,- saja. Selain itu aku juga mengaktifkan fitur PrivacyProtection dan Managed Contanct dan untuk fitur ini di kenakan biaya sebesar Rp. 10.000 per tahun. Karena aku menggunakan blogger atau blogspot jadi aku tidak perlu beli hosting lagi. Jadi awal pendaftaran domain my.id aku Cuma membayar Rp. 22.000,- ditambah pajak pertambahan nilai (PPN) sebesar 10% dari Rp. 22.000 yaitu sebesar Rp. 2.200 jadi total keseluruhan yang harus aku bayar adalah Rp. 24.200 rupiah. Dengan harga segitu kita sudah punya domain blog yang TLD. Menggiurkan bukan?


Untuk perpanjangan aku sendiri masih belum tahu, harga sama atau berbeda masih belum tahu, kalau ada teman-teman yang kebetulan juga memakai domain my.id dan sudah melakukan perpanjangan bisa sharing juga di sini. Terimkasih sebelumnya.


Kedua : Masih banyak pilihan nama yang tersedia


Dibandingkan dengan domain TLD lainnya domain my.id masih belum begitu banyak digunakan, artinya kesempatan nama domain yang sudah kau rencanakan kemungkinan besar masih bisa atau masih tersedia.


Ketiga : Identitas punya Indonesia, karena kita tahu bukan bahwa .id adalah domain resmi untuk website Indonesia. jadi mari cintai produk dalam negeri.


Itulah beberapa hal tentang kelebihan domain .id. jadi jangan ragu lagi untuk memakai domain my.id untuk blog kamu.


Setelah melakukan pembayaran apakah semua sudah selesai. Belum karena masih ada langkah selanjutnya. Setelah melakukan pembayaran nanti kita akan langsung mendapatkan email pemberitahuan kalau domain yang kita daftarkan sudah aktif. Dan baru setelah itu kita lakukan pengaktifan di blogger dan di akun domain kita di rumahweb.com.


Bagaimana cara mengaktifkan domain tersebut.


Tidak usah terlalu dipikirkan dan dibuat pusing, karena semua ada petunjukkan dan ikuti sesuai petunjuk maka domainmu akan segera aktif dan bisa di akses. Tidak perlu waktu berhari-hari karena sehari saja sudah beres. Petunjuknya ada di link ini : Panduan Custom Domain Blogspot di rumahweb.com


Tapi ada pengalaman lucu yang memalukan menurut saya. Nanti kita akan menulis C-name blog pada kolom pengaturan domain. Dan kalian tahu, yang aku tulis di C-name pengaturan adalah sesuai dengan yang ada di contoh. Dan apa yang terjadi, kalian tahu? Sehari penuh, dalam waktu 24 jam belum bisa di akses menggunakan domain baru. dan pada akhirnya aku langsung chat ke admin rumahweb, setelah dilakukan pengecekkan aku salah dalam penulisan c-name, dan setelah dikasih tahu baru dengan polosnya aku berkata “berarti C-name ini di sesuaikan dengan yang dari blog ya kak, jadi setiap blog punya c-name berbeda.” Dan setelah diganti taraaaaang dalam hitungan beberapa menit langsung sudah bisa diakses.


Dan akhirnya aku punya blog dengan domain yang berbayar. Tidak ada perubahan nama, karena nama blog tetap sama cuma awalnya blogbukuvaarida.blogspot.com berubah menjadi blogbukuvaarida.my.id he he he.




 

 

 

 

 

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar