(TANTANGAN PERTAMA – KITAB WRITERPRENEUR} APA MOTIVASI ANDA MENULIS SEBUAH BUKU?



Beberapa waktu yang lalu aku baru saja selesai membaca sebuah buku yang berjudul KITAB WRITERPRENEUR karya Sofie Beatrix.

 

Baca review bukunya di sini :  Review Buku Kitab Writerpreneur


Setelah selesai membaca buku ini secara garis besar, aku merasa tertantang untuk menyelesaikan tantangan yang ditawarkan oleh penulis buku tersebut.


Buku ini tidak bisa dibaca sekali duduk, karena setiap bab atau materi yang diberikan selalu ada tantangan yang diberikan. Jadi kalau menurut saya selesai tantangan di tiap babnya lalu lanjut baca materi berikutnya.


TANTANGAN PERTAMA :


TULISKANLAH MOTIVASI ANDA MENULIS SEBUAH BUKU DISINI SECARA MENDETAIL.


Motivasi selalu menjadi pondasi penting dalam melakukan sesuatu. Dengan kita tahu apa motivasi kita diharapkan kita bisa meraih sesuatu hal tersebut lebih bersemangat.


Baru membaca bab awal saja, sudah membuatku sadar diri kenapa blog ku seperti sarang laba-laba, dan mengapa draft cerita masih bertahan di file dokomen dan entah kapan terakhir aku membukanya.


Blog diisi kalau pengen ikutan lomba blog, draft cerita gak pernah dilirik karena selalu pesimpis duluan. 2 hal itu saja sudah menjadi bukti bahwa motivasia adalah faktor yang penting juga.

sumber : Image by Gerd Altmann from Pixabay


Kalau sudah begini, sepertinya aku harus kembali menggali dan mengingat apa sih motivasiku sampai aku dulu membuat blog.


Dan inilah motivasi yang mendasariku untuk membuat blog


Mengabadikan Kisah (Sebagai Album cerita)


sumber : Gambar oleh Maria Zangone dari Pixabay



Setiap orang selalu punya kisahnya sendiri. Ada suka, duka, tawa atau bahagia. Menjadi berbeda saat kita kembali membaca kisah-kisah yang pernah kita alami. Dan rasa itu sungguh menyenangkan. 


Mengobati Patah Hati / Obat Stress paling ampuh.


Aku baru menyadari bahwa obat patah hati bukanlah jatuh cinta lagi, tapi obat hati yang paling ampuh adalah menulis, bukan hanya menulis tentang patah hati saja, tapi menulis apa saja yang bisa ditulis dan diceritakan. Meski ada kalanya ada sebaris atau dua baris yang berisi curhat terselubung. Mungkin pernah membaca sebuah quote seperti ini “Jangan pernah melukai hati seorang penulis, atau kau akan abadi di dalam karyanya.”


Menajamkan Pola Pikir


Dengan menulis kita akan dituntut untuk memandang segala sesuatu dari berbagai sudut pandang, di mana selalu ada alasan-alasan yang mengikutinya. Sehingga memaksa kita untuk berpikir lebih dan mencari banyak sumber informasi.


Memperoleh penghasilan dan menjadi terkenal


Banyak blogger di Indonesia atau bahkan di dunia internasional yang memperoleh penghasilan dari hasil karya tulis mereka. Dan aku tahu proses menuju itu sangat tidak mudah. Jadi sepertinya untuk sekarang menikmati proses itu jauh lebih penting. Karena penghasilan dan menjadi terkenal adalah sebuah bonus.

 

Tapi dari beberapa motivasi di atas, ada satu kalimat yang membuatku berfikir “Oh, sepertinya aku juga harus nulis.”. Imam Al Ghazali mengatakan “Kalu kau bukan anak raja, dan kau bukan anak seorang ulama besar, maka jadilah penulis.” Membaca kalimat ini aku seperti diperintah, berarti aku harus nulis. Dan akhirnya terbentuklah blog dengan proses yang panjang.


Dari blog aku belajar untuk tidak sekedar menulis saja. Meski awalnya aku beranggapan blog aku adalah diary aku, meski aku menulis apa yang ingin aku tulis tapi tetap mencoba untuk tidak hanya sekedar menjadi tulisan.


Jadi seperti apa yang ditulis dalam buku ini, yaitu “Seperti kata Sayyidina Ali, ilmu itu ibarat hewan buruan dan tulisan adalah tali kekangnya. Karena itu, ikatlah ilmu dengan tulisanmu agar tidak terlepas.” (Halaman 10)

 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

TENTANG LAYANAN SERVICE "JTR" DARI JNE

MERK BUKU TULIS YANG PALING TERKENAL DI INDONESIA

WANITA DAN SIFAT CEREWETNYA