3 TIPS YANG HARUS DIPERHATIKAN SEBELUM BEROLAHRAGA DI BULAN RAMADAN

 


Siapa yang meski puasa tetap melakukan olahraga seperti biasa?


Siapa yang meski puasa tetap melakukan olahraga meski olahraga ringan?


Dan siapa yang tidak berolahraga saat sedang menjalankan ibadah puasa?


Kamu masuk tim yang mana?


Di Indonesia rata-rata umat muslim menjalankan ibadah puasa selama 13 jam (dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari). Karena asupan makanan dan minuman hanya dari waktu berbuka hingga sahur, maka ada sebagian orang yang mengurangi aktivitasnya tetapi ada juga yang aktivitas sama saja. Hal ini dilakukan agar bisa menjalankan puasa dengan semurna.


Lalu bagaimana dengan olahraga?


Olahraga adalah salah satu kegiatan fisik yang melelahkan, meski dibalik kelelahan setelah melakukan olahraga kita akan merasa tubuh semakin sehat. Lalu bagaimana agar puasa bisa tetap dilakukan sampai ramadan berakhir dan olahraga tetap bisa dijalankan? 


Berikut 3 tips dari vaarida_punya untuk kalian agar bisa menjalankan ibadah puasa tapi tetap bisa berolahraga :


Pertama : Kenali Kondisi Tubuhmu.


Setiap orang mempunyai kondisi tubuh yang berbeda-beda. Jangan terlalu memaksa melakukan olahraga ini kalau kamu merasa kamu tidak akan kuat. Seperti contoh : Di luar Ramadan kamu biasa cuma olahraga lari selama 10 menit, dan di saat ramadan jangan mencoba untuk melakukan olahraga lari selama 1 jam. Karena kemungkinan besar tubuhmu tidak akan kuat.




Kedua : Banyak Minum Air Putih.


Orang dewasa setidaknya membutuhkan kurang lebih 2 liter air putih yang harus di konsumsi selama 1 hari. Lalu bagaimana saat bulan ramadan? In shaa allah bisa kok dalam semalam (dari waktu buka hingga menjelang imask) menghabiskan 2 liter air putih, soalnya aku sendiri begitu.


Dipastikan, kalau kebutuhan air putih lebih dari cukup terpenuhi, in sha allah puasa akan berjalan aman tanpa terkendali.


Berolahraga pasti akan merasakan yang namanya dehidrasi (tubuh kekurangan cairan), jadi kalau mau siangnya olahraga tipis-tipis, pastikan bahwa kita sebelumnya sudah mengkonsumsi cukup air putih.


Ketiga : Perhatikan waktu melakukan olahraga.


Tahun ini Ramadan penuh perjuangan, karena kebetulan kita ada di awal musim kemarau, jadi suhu di siang hari panasnya luar biasa.


Jadi kalau saya boleh kasih saran, kalau mau melakukan olahraga, jangan di jam-jam siang hari. Waktu yang paling baik itu adalah pagi dan sore menjelang berbuka.


Itulah 3 hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan ibadah puasa Ramadan.


Selamat menjalankan ibadah puasa dan selamat beraktivitas.  

 


Posting Komentar

0 Komentar