3 BAHASA ASING YANG INGIN DIKUASAI

 


Bahasa adalah alat komunikasi antar sesama. Jadi harus searah, kalau tidak dipastikan joko sembung bawa kacang gak nyambung sayang. He he He.


Indonesia sendiri punya banyak macam bahasa daerah yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Apalagi bahasa asing, di dunia sendiri ada banyak negara dengan berbagai macam bahasa yang digunakan juga.


Pasti tidak sedikit dari kita yang terbayang untuk bisa menguasai  setidaknya salah satu bahasa asing tersebut. Sama aku pun juga begitu, setidaknya ada 3 bahasa asing yang ingin aku kuasai.


3 Bahasa Asing yang ingin aku kuasai itu adalah, sebagai berikut :


❤❤ Bahasa Turki ❤❤


Yaap ini karena Turki menjadi salah satu negara yang ingin dikunjungi, bahkan sesekali pernah berandai-andai tinggal di Turki. Ck ck ck. Kalau ingin kesana setidaknya harus bisa menguasai bahasanya bukan? Dan selain itu aku terpesona akan keindahan alam turki, tentang sejarah turki, semua tentang turki menurut aku begitu menarik untuk dipelajari, apalagi cowok turki. Ehhh dari bahasa kenapa jadi ke cowok. Karena motivasi itu penting bukan?


Lalu bagaimana progress belajar bahasa turkinya? Ha ha ha ha. Sampai sekarang masih sekedar menjadi wacana saja. Soalnya dari dulu berencana membeli kamus bahasa turki atau buku panduan juga masih sekedar rencana aja. Semoga tahun ini bisa mulai belajar bahasa turki.


cowok turki idola ini , fotonya nyomot dari sini https://www.instagram.com/serkancayoglu/



❤❤ Bahasa Inggris ❤❤


Bahasa inggris menjadi salah satu bahasa internasional yang sepertinya sudah banyak dijadikan mata pelajaran di sekolah. Sudah banyak orang yang menguasai bahasa inggris ini. Tapi saya pribadi kemampuan bahasa inggrisnya masih dibawah rata-rata, dulu waktu disuruh belajar bahasa inggris malesnya minta ampun, selalu berdalih ”kenapa belajar bahasa inggris kan aku tinggalnya di Indonesia bukan di Inggris.” Lalu dikasih tahu bahwa kelak Indonesia akan masuk ke pasar bebas jadi bahasa asing harus menguasai, dengan entengny aku menjawab “Masih lama bu, nanti aja.” He he he dan sekarang beneran kerasa banget. Tapi tidak terlambat kan untuk memulai belajar bahasa inggris?


❤❤ Bahasa Indonesia ❤❤


Aku pernah membaca kalimat seperti ini, “Lebih malu salah dalam berbahasa indonesia daripada salah dalam berbahasa asing.” Kurang lebihnya seperti itu,dan aku lupa siapa yang mengatakan itu, bacanya aku di mana, yang aku ingat cuma kata-katanya aja. Setuju tidak dengan kalimat tersebut?


Kenapa bahasa indonesia, menjadi salah satu bahasa yang ingin aku kuasai?


Kalau dua bahasa sebelumnya memang benar bahasa asing, kalau untuk bahasa indonesia bukan dalam artian asing dalam konteks luar negeri, tapi asing karena masih belum bisa menerapkan dan memahami bahasa indonesa yang baik dan benar yang sesuai dengan aturan bakunya.


Apalagi menjadi seoarang blogger yang punya cita-cita menerbitkan buku ini, penguasaan bahasa indonesia yang sesuai dengan aturan menjadi modal pokoknya.


Bahasa indonesia sendiri beberapa kali mengalami perubahan aturan bakunya, dari yang EYD (Ejaan yang disempurnakan) menjadi EBI (Ejaan bahasa Indonesia). Apalagi kosa kata bahasa indonesia yang baku tiap tahun semakin bertambah banyak. Banyak kata serapan baik dari bahasa daerah ataupun bahasa asing sudah menjadi bahasa baku bahasa indonesia.


Itulah tiga bahasa yang ingin aku kuasai. Kalau kalian bahasa apa saja yang ingin kalian kuasai?


Jadikan bahasamu sebagai cerminan identitasmu. Apa yang kita bicarakan adalah hasil dari pemikiran kita.




Posting Komentar

0 Komentar