(OOM_Baca Yuk) Manajemen Dapur bersama mbak Maya Part 3 JURUS MASAK KILAT



Ada yang suka merasa lelah memasak, karena dalam sekali masak harus menyiapkan 3 menu sekaligus, dan padahal dalam sehari bisa masak 2- 3 kali, berapa lama waktu yang bakalan kita habiskan di dapur. Kalau gini caranya kapan nonton drama koreanya atau rebahan sambil main hp. He he he 


Dan itulah kenapa kita harus tahu jurus masak kilat. Yapp masak juga ada jurusnya, apakah cuma dunia persilatan aja yang punya jurus, kita penguasa dapur juga harus punya jurus. 


Apakah jurus masak kilat tersebut?


Gambar oleh sandumorar dari Pixabay

Pertama : Pilih bahan makanan yang cepat matang. Apakah ini berarti kita harus makan bayam terus tiap hari? Bukan begitu maksudnya kakak, misal kita mau makan daging sapi, nah daging sapi kan lama proses masaknya, bisa satu tabung melon habis cuma untuk masak daging sapi, tapi kalau kita milih daging sapi has dalam itu akan lebih cepat dimasak. Lalu daging ayam, biar cepat masaknya sebelum dimasak, potong kecil-kecil dulu jangan besar-besar, kalau potongannya besar dua kali putaran drama korea daging ayamnya masih belum tanak.


Kedua : buat stok frozen food. Ini disarankan untuk buat sendiri, jangan berasalan tidak tahu resepnya, karena resep beraneka macam frozen food sudah tersedia di ponselmu. Kenapa harus buat sendiri? karena tentunya lebih aman dan tidak terlalu banyak menggunakan zat pengawet.


Ketiga : Pilih teknik masak yang singkat. Yaitu dengan cara menggoreng dengan sedikit minyak atau frypan, menumis dan bikin sayur bening. 


Keempat : One Side Male. Ini maksudnya adalah dalam 1 menu terdapat 2 atau 3 bahan, seperti karbohidrat, sayuran dan protein hewani.  Contohnya adalah nasi goreng yang dicampur dengan sayur dan telur, dan jadinya nasi goreng mawut, ini enak sekali apalagi kalau dikasih pentol. Mantap


Kelima : Gunakan alat dapur elektronik. Kalau punya alatnya pakai semaksimal mungkin, jangan takut rusak sehingga tidak dipakai. Karena lebih baik rusak karena dipakai daripada rusak karena tidak dipakai. Karena pada dasarnya mereka diciptakan untuk mempermudah kinerja kita di dapur bukan, jadi manfaatkan dengan baik.


Keenam : Membuat persediaan bumbu dasar. Ada 3 bumbu dasar yang perlu kita tahu, yaitu bumbu dasar putih yang biasa digunakan untuk membuat masakan yang berwarna putih atau bening seperti nasi goreng, sayur bening dll. Lalu ada bumbu dasar merah, ini untuk makanan yang berwarna merah dan tentunya pedas. Dan yang ketiga adalah bumbu dasar kuning, ini untuk masakan yang berwarna kuning, seperti soto, pepes dll.  Membuat persediaan bumbu dasar ini bisa untuk stok 1-2 minggu, tapi cara nyimpannya harus benar dan tepat. Untuk penyimpanan bumbu dasar ini, bisa disimpan di toples kaca, toples plastik yang penting kedap udara.



Ada tambahan beberapa tips dan trik dari member baca yuk lainnya :


  • Dari Bunda Ruqoyah : Bunda mengatakan biasanya masakan sisa masih bisa dimanfaatkan dengan mengubah penampilannya, misalnya sayur sop, ambil isinya saja lalu potong kecil-kecil, bisa buat isi dadar telur omelet atau martabak telur.
  • Dari Mbak Maya : Tips menyimpan daun pisang agar tidak layu, yaitu dengan cara daun pisang dibungkus koran, lalu masukkan kulkas. Kalaupun ada perubahan dari si daun pisang, dia hanya berubah sedikit


OOM kali ini sungguh sangat berkesan, suka sekali dengan materinya, penyampainya juga sangat bagus. Terimakasih banyak Mbak Maya, yang sudah bersedia berbagi ilmu dengan kita semua. 


Pada penasaran kan apa itu OOM dan Grup WA Baca Yuk.  Ini ada ulasan sedikit tentang apa itu OOM dan WAG Baca Yuk . 


Sekilas Tentang OOM


OOM (Oleh-Oleh Member) adalah tempat bagi member Baca Yuk untuk membawakan tema tertentu, bebas, di luar literasi pun sangat diperbolehkan. 


WAG BAca Yuk, adalah tempat berkumpulnya para pecinta buku, yang suka baca dan apapun itu tentang dunia buku. Selain ada agenda OOM, ada juga agenda Tamu Bulanan yang di undang ke grup, ada bedah buku dan masih banyak lainnya.


Tertarik untuk gabung jadi bagian member baca yuk, silahkan follow akun instagramnya di sini @resensi_bacayuk atau kunjungi websitenya di bacayuk.org karena kalau info perekrutan member baru biasanya dishare di instgaram. 


Akun Instagram klik di sini saja



Jangan lupa juga baca  OOM part 1 & part 2
OOM Part 2 : Food Preparation




Komentar

Postingan populer dari blog ini

TENTANG LAYANAN SERVICE "JTR" DARI JNE

MERK BUKU TULIS YANG PALING TERKENAL DI INDONESIA

WANITA DAN SIFAT CEREWETNYA