{OOM_BACA YUK) MANAJEMEN DAPUR BERSAMA MAYA ROHMAH part 1 – Mengelola Kebutuhan Rumah Tangga Sesuai Kebetuhan


OOM adalah kepanjangan dari Oleh-Oleh Member Grup Baca Yuk. Dan pada kesempatan ini OOMnya Baca Yuk adalah tentang Manajemen Dapur. OOM ini sifatnya bebas, tidak hanya seputar literasi saja. Member Baca Yuk mempunyai latar belakang yang berbeda, domisili yang berbeda dan kita punya satu kesamaan selain penyuka buku yaitu kita di WAG usia kita adalah sama, seumuran semua yaitu umur 17 tahun semua. He he he.


Tema manajemen dapur kali ini membahasa tentang segala sesuatu yang berkaitan tentang “Food Preperation”.  Sudah pasti sering bangetkan dengar tentang food preperation ini, dan mungkin masih banyak yang belum tahu tentang ini. Jadi simak penjelasan tentang food preperation bersama Mbak Maya Rohmah dalam Oleh Oleh Member Baca Yuk yang sudah diselenggarakan pada tanggal 11 Maret 2021.


Sebelum sampai di food preparation, kita membahas dulu tentang cara mengelola kebutuhan rumah tangga yang sesuai dengan kebutuhan. Di awal OOM Mbak Maya menayakan perihal pertanyaan yang sepertinya sering dialami oleh ribuan atau jutaan wanita di belahan dunia ini. Pertanyaannya adalah siapa yang suka bingung saat belanja bulanan dan akhirnya malah membeli yang tidak sesuai kebutuhan, karena lapar mata dan sedang ada diskon? Aku rasa semua wanita pernah mengalami hal ini, lalu apa yang didapatkan? Yang didapatkan adalah stok yang menumpuk dan pastinya mengorbankan budget kebutuhan lainnya.


Jika belanja bulanan bisa seperti itu, apalagi masalah masak dan belanja sayuran. Pasti mengalami hal seperti ini, kebingungan saat menentukan menu hari ini, akhirnya belanjanya itu lagi itu lagi dan masaknya itu lagi itu lagi. Ada yang suka begini? Kalau ada itu berarti kita satu frekuensi. Selain itu ada dilema lainnya yaitu mau masak ternyata bahannya ada yang lupa nggak kebeli atau malah belinya kebanyakan. Sudah pasti ada yang berakhir di tempat sampah dan gizi keluarga bisa tidak terpenuhi bukan?


Lalu bagaimana solusinya?


Solusinya adalah membuat rencana menu harian dan daftar belanja.  Dua solusi tersebut sangat efektif untuk mengelola kebutuhan rumah tangga agar sesuai kebutuhan, bukan sesuai keinginan yang akhirnya menjadi sebuah pemborosan.


Jadi apa saja yang perlu disiapkan?


Untuk membuat rencana menu harian dan daftar belanja ada beberapa hal yang perlu disiapkan, yaitu sebagai berikut :


  • Buku Catatan Khusus Dapur.

Buku ini isinya semua tentang per-dapur-an, baik resep, inspirasi jenis masakan, tehnik dan tips memasak, rencana menu harian, daftar kebutuhan dll. Nulisnya di mana? Bebas, di HP boleh, di buku boleh, yang penting tidak di tembok ya. Pilih yang membuat kita nyaman saja, karena nyaman adalah segalanya.


  • Tempat Penyimpanan.

Tempat penyimpanan ini seperti, food container, rak, keranjang, maupun storage lainnya.


  • Kulkas atau lemari es.

Kulkas ini sangat penting untuk menyimpan bahan makanan dalam jumlah banyak yang bisa digunakan untuk beberapa hari. Tanpa kulkas atau lemari pendingin ada beberapa makanan tidak bisa disimpan dalam jangka waktu lama.


  • Motivasi.

Apa motivasi yang paling utama, pastinya motivasi dari diri dalam kita sendiri. Coba bayangkan setiap masakan kita yang masuk  ke dalam perut keluarga menjadi pahala, setiap berbelanja kebutuhan juga bisa menjadi ladang pahala, setiap cucian piring kotor yang kita selesai cuci juga bisa menjadi pahala buat kita, dll. Jadi niatkan sebagai ibadah maka kita tidak akan pernah mengeluh untuk beribadah. Jadi jaga terus motivasinya.


  • Petunjuk Cara Penyimpanan.

Setelah mempunyai kulkas, belanja kebutuhan dapur bisa seminggu sekali, jadi kita belanja untuk stok kebutuhan dapur dicukupkan selama seminggu dan tidak boleh lebih. Kenapa begitu? Ini maksudnya agar sayuran, protein hewani, protein nabati dan aneka bumbu masih dalam keadaan segar saat akan dimasak. Selain itu juga agar tempat penyimpanan seperti kulkas, rak bumbu dan toples dapat dibersihkan secara rutin  seminggu sekali.


  • Membuat daftar jenis-jenis masakan.

Bisa dibagi menjadi beberapa kategori, seperti contohnya adalah aneka masakan ayam, masyakan sayuran, masakan ikan, dll. Tapi tidak usah khwatir atau bingung, kalau malas mencatat atau gak punya ide untuk menulis aneka jenis masakan, Mbak Maya memberikan solusi yaitu silahkan download aplikasi Resep Masakan Sehari-hari di playstore. 


Fungsi membuat rencana menu harian untuk seminggu adalah menjadi acuan daftar belanja mingguan agar dapat menakar jumlah sayuran maupun bahan masakan lainnya dengat tepat.  Dan jadinya lebih hematkan.


Untuk OOM Part 2 silahkan baca di sini : OOM Baca Yuk _ Part 2 Food Preparation

Untuk OOM Part 3 silahkan baca di sini : OOM Part 3_ Jurus Masak Singkat


Belanja sudah, menyusun menu harian untuk satu minggu juga sudah, berarti ini saatnya untuk food preparation. Sampai ketemu di postingan selanjutnya PART 2 




Posting Komentar

0 Komentar