LIMA TEMPAT YANG INGIN AKU KUNJUNGI JIKA PERGI KE TURKI

 


Siapa yang tidak ingin jalan-jalan ke luar negeri? Mungkin bagi sebagian orang jalan-jalan ke luar negeri adalah hal yang biasa tapi mungkin juga bagi sebagian orang yang lain jalan jalan ke luar negeri adalah seperti mimpi, yang mungkin tidak akan pernah menjadi nyata.

Tapi bukankah kemungkinan itu akan selalu ada, dan siapa yang tahu tentang hari esok. Orang yang mungkin tidak pernah membayangkan bisa pergi ke luar negeri malah tinggal dan menetap di sana.

Meskipun jalan-jalan ke luar negeri bagaikan mimpi tapi pasti punya negara favorit yan ingin dikunjungi bukan. Kalau aku negara yang ingin aku kunjungi adalah Turki. Aku suka Turki gara-gara liat drama serialnya Mbak Ozge dan Mas Serkan , Kirazmevisme kalau di Indonesia jadi Cinta Musim Cerry. Pada tahu dengan drama serial ini? Suka dengan setting tempat dan lokasi yang digunakan, kayaknya indah banget dan suasananya juga nyaman. Jadi ingin merasakan suasanya di Turki itu seperti apa.

Selain itu juga tentang sejarah Turki. Turki atau dulu bisa disebut dengan nama Konstantinopel, adalah salah satu nama kota yang tidak asing dan sering kali muncul pada pelajaran sejarah. Benar kan? dan melihat bukti bukti sejarah yang masih terpampang nyata di depan mata adalah hal yang luar biasa sekali menurut aku. Jadi kapan berangkat ke Turki?

Karena sekarang belum bisa ke Turki disebabkan karena adanya pandemi covid-10 yang menyebar di seluruh dunia plus aku juga belum punya paspor dan juga belum punya uang saku, maka yang bisa dilakukan adalah berencana kalau nanti ke Turki mau kemana aja dan mau foto dimana saja?

Sebenarnya banyak sekali tempat yang ingin dikunjungi di sana, bahkan punya mimpi untuk tinggal di sana. Dan inilah tiga tempat yang ingin aku kunjungi jika nanti pergike Turki :

Blue Mosque atau masjid biru.

 Gambar oleh Omar Mahmood dari Pixabay
Masjid ini dibangun oleh Sultan Ahmed I dari dinasti Ottoman. Kenapa dinamankan masjid biru karena keramik-keramik yang menutupi dinding masjid bahkan kubah masjid berwarna biru. Blue Mosque merupakan masjid terbesar di Istanbul dan selain itu juga menjadi tujuan pariwisata. Kayaknya kalau bisa sholat disana itu sangat membahagiakan.

Berdasarkan wikepdia (wiki/Masjid_Sultan_Ahmed ) , Masjid Sultan Ahmed ini juga sangat dekat dengan Hagia Sophia, Istana Topkapi istana di mana dulu adalah tempat kediaman para sultan Utsmaniyah lalu juga dekat dengan pantai bosporus. Hanyo Pantai apa ini? kayaknya dulu sering pernah dengar waktu pelajaran sekolah, Yap benar sekali karena bospurus merupakan batas dari benua asia dan benua eropa. jadi kalau ke sini bisa sekaligus beberapa tempat yang bisa kunjungi. Jadi nggak sabar mau ke turki.

Nanti kalau di sana aku pengen foto seperti ini :

 

sumber : Katalog Aulia Fashion

Cappadocia

Gambar oleh Timur Kozmenko dari Pixabay
Lumayan jauh dari Istanbul, perjalanan dari Istanbul ke Cappadocia membutuhkan waktu sekitar 12 jam. Cappadocia menawarkan keindahan alam yang sangat luar bisa. Di sini kita bisa naik balon udara, kita bisa melihat lembah dan bukit dari atas, apalagi kalau pas matahari terbenam, atau malam hari penuh dengan lampu-lampu. Katanya di Cappadocia bangunanya berasala dari pahatan bebatuan.  Yang kebayang batu sebesar apa kemudian dipahat jadi rumah, berapa lama waktunya ya?. Asyik kayaknya kalau pas ke sini terus nginep, jadi bisa merasakan sensasi tinggal di rumah dari pahatan batu.

Perhatikan saja gambar di bawah ini. nanti aku kalau ke sana aku juga ingin foto seperti ini. dan tentunya juga naik ke balon udara.



Jembatan Galata atau Galata Bridge.

Gambar oleh Şinasi Müldür dari Pixabay
Seingatku di salah satu episode Kiraz Mevsimi ada adegan di sebuah restoran dengan model memanjang seperti lorong yang kanan kirinya adalah samudra. Waktu itu yang aku pikirkan adalah nanti kalau bertengkar dengan pasangan kalau nggak bisa ngendalikan emosi, bisa dilempar ke laut. Ha ha ha ekstrim ya pemikiran aku.

Sepertinya lokasi pembuatan adegan itu adalah di jembatan Galata. Tunggu namanya jembatan tapi kok ada restorannya. Jembatan ini beda dari jembatan pada umumnya. Kalau di Indonesia mungkin beberapa kolong jembatan jadi rumah atau tempat tinggal, tapi kalau yang ini kolong jembtannya disulap menjadi restoran, sementara bagian atasnya baru untuk lalu lalang kendaraan bermotor ataupun pejalan kaki. Kalau malam hari sepertinya sangat menarik ya ada tambahan pemandangan lampu-lampu dan hembusan angin malam.

 Ternyata di daerah Galata ini terdapat klub sepak bola yang paling terkenal di turki yaitu Galatasaray S.K . Udah tahu kan pastinya klub sepak bola ini. 

HAGIA SHOPIA.

Sumber : https://id.wikipedia.org

Aku rasa semua sudah tahu tentang Hagia Sophia. Dan sekarang sudah berubah menjadi masjid. Kalau dilihat ditayangan di televisi oranamen di Hagia Shopia ini sangat indah sekali.

 

ISTIKLAL STREET

Gambar oleh 8travels dari Pixabay
Dan ini adalah tempatnya wisata belanja. Apakah ke sini mau belanja buat oleh teman-teman di Indonesia. Bisa jadi ia. Dan saya ingin sekali berfoto dengan backgrouc Istiklal Street. Hampir mirip dengan masjid Istiqlah di Jakarta ya namanya.

Istiklal Street ini terbentang sepanjang 1,4 km dan terletak di kota Istanbul. Berbagai macam barang dijual disini, kalau di sini intinya tinggal memastikan pulang bawa uang berapa gitu aja. He he he

 

Itulah lima tempat yang ingin aku kunjungi jika nanti pergi ke Turki. Kalau kalian bagaimana?

 


Posting Komentar

0 Komentar