{Keduapuluh enam} Tahun Ini Masih Lebaran Di Pacitan, Bareng Bapak dan Yang Lain.



Tahun ini lebaran di mana? Pertanyaan ini masih belum sehoror pertanyaan kapan menikah. Pertanyaan tahun ini lebaran di mana? Kesannya seperti ada doa yang terselubung dari sebuah jawaban yang diutarakan. Bener nggak?

Semenjak menetap di Pacitan otomatis lebaran juga di Pacitan aja. Dulu waktu di Malang pernah punya harapan kerja di Malang, dapat jodoh juga dari orang yang berasal bukan Malang atau Pacitan. Alasannya sederhana biar merasakan repotnya mudik. Kalau dua orang dari kota yang berbeda kan pas mudik pasti agak mikirkan. Tapi itu hanya harapan. Kenyataan sekarang masih di Pacitan dan status masih sama kayak tahun kemarin.

Karena aku masih tinggal dengan Bapak dan termasuk keluarga besar, otomatis kakak aku beserta pasangannya dan para krucil-krucil pembuat kegaduhan dan kegembiraan juga pasti akan berkumpul di rumah. Tapi nanti bakalan ada dua kakak yang gak bisa ikut kumpul. Pertama kakak aku yang di Surabaya beserta anaknya, ini pertama kalinya dalam sejarah kakak aku waktu lebaran idul fitri tidak mudik. Yang kedua, kakak aku yang di Lampung, dia memang mudik di rencakan dua tahun sekali, dan akhir tahun kemarin baru pulang ke Pacitan, sewaktu ibu meninggal.

Meskipun lebaran masih di Pacitan saja, tidak mengurangi kegembiraan sedikitpun. Entah bagaimana nanti waktu lebaran diperbolehkan berkunjung atau tidak, kita tunggu keputusan pemerintah. Karena situasi dan kondisi sekarang berbeda dengan tahun kemarin, jadi kita sebagai manusia harus cepat tanggap dalam menghadapi perubahan ini, tidak usah terlalu memaksa untuk menyamakan lebaran tahun ini dengan tahun-tahun kemarin.

Semoga yang tidak bisa mudik tahun ini, tetap diberi kegembiraan yang melimpah dan selalu dilimpahi kesehatan. Kita berdoa sama-sama semoga Covid-19 ini segera berlalu, itu yang paling penting.

Yang nekad mudik di tengah pandemi Covid-19 yang belum juga mereda, semoga juga selalu diberi kesehatan dan keluarga yang di kampung juga sehat selalu serta balik ke kota lagi dengan mudah tanpa ada halangan.



Posting Komentar

0 Komentar