{Keduapuluh Delapan} Doa Di Penghujung Akhir Ramadhan 1441 H



Ramadhan adalah bulan paling mulia, bulan di mana semua orang berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala. Ramadhan adalah bulan pembelajaran, bulan dimana kita belajar untuk 11 bulan ke depannya agar bisa lebih baik dan mampu mempertahankan amalan-amalan ibadah kita selama Ramadhan.

10 hari pertama di bulan Ramadhan adalah rahmat. Sedangkan 10 hari kedua adalah magfiroh atau pengampunan. Sementara 10 hari ketiga adalah terbebas dari api neraka. Kita sekarang sudah berada di fase 10 hari ketiga.

‘Aisyah ra. Berkata,”Jika masuk sepuluh hari terakhir, Nabi saw mengencangkan kainnya, menghidupkan malamnya dan membangunkan istrinya (keluarga).” (Diriwayatkan oleh Bukhari, no 2024 dan Muslim, no. 1774)

Rasullah sawa bersabda, “Carilah lailatul qadr pada malam ganjil di sepuluh hari terakhir ramadhan.” (diriwayatkan oleh Bukhari no 2017 dan Muslim no 1169)

Apa yang mendorongnya mencari lailatul qadr ? Karena Rasullullah saw bersabda, “Barangsiapa yang shalat malam pada malam qadr (lailatul qadr) dengan penuh iman dan hanya mengharapkan pahala dari ALLAH, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (Diriwayatkan oleh Bukhari no 2014 dan Muslim no 760)

Melihat tiga hadist tersebut, dapat disimpulkan jangan sia-siakan 10 hari terakhir ramadhan. Lakukan amalan ibadah lebih banyak dan lebih khusyuk daripada hari-hari sebelumnya.

Lalu doa seperti apakah yang kita panjatkan di 10 hari terakhir ramadhan tahun 1441 H ini.
  • Doa mohon Pengampunan. Sebagai manusia yang tidak luput dari kesalahan meminta maaf dan mohon ampun kepada ALLAH adalah sebuah keharusan.  Memang mohon ampun harus setiap waktu tidak hanya di bulan Ramadhan saja, tapi karena Ramadhan adalah bulan penuh ampunan, maka meminta ampunlah atas segala kesalahan yang telah kita lakukan baik yang telah disengaja atau tidak.
  • Doa mohon kesehatan. Kesehatan adalah hal yang sangat penting dibandingkan apapun yang ada di dunia ini. berusaha menjaga kesehatan dalam bentuk fisik memang wajib kita lakukan, tapi jangan lupakan siapa yang sesungguhnya memberi kesehatan kepada kita. Maka mintalah untuk diberi kesehatan dan selalu dilindungi kepada ALLAH SWT.
  • Doa mohon kebahagian. Kebahagiaan seorang muslim terletak di dua hal yaitu kebahagiaan di dunia dan kebahagian di akhirat. Apalah artinya jika di dunia mendapatkan kebahagian tapi di akhirat tidak mendapatkan kebahagiaan. Seseorang yang mengejar dunia belum tentu ia akan mendapatkan kebahagian akhirat, tapi jika seseorang mengejar kebahagiaan akhirat maka otomatis kebahagiaan di dunia juga di dapat.

Itulah tiga doa yang kita panjatkan di akhir ramadhan. Dan semoga doa-doa itu juga akan terus kita lafal kan meskipun bukan di bulan Ramadhan.

"Ya Allah, janganlah Kau jadikan bulan Ramadan ini sebagai bulan Ramadan terakhir dalam hidupku. Jika Engkau menjadikannya sebagai Ramadan terakhirku, makan jadikanlah aku sebagai orang yang Engkau sayangi dan jangan jadikan aku orang yang Engkau murkai, Aamiin." Itulah doa yang sebaiknya umat muslim amalkan di penghujung bulan Ramadan guna memohon diterimanya amal ibadah selama Ramadan. 
(sumber ;www.liputan6.com )










Sumber hadist dari buku : Fiqih Sunah Untuk Wanita, penulis Abu Malik Kamal bin Sayyid Salim, yang diterbitkan oleh penerbit AL-I’tishom Cahaya Umat




Posting Komentar

0 Komentar