(enambelas) Menu Pembuka saat Berbuka Puasa paling mudah dan praktis.



Suara adzan magrib menjadi hal yang sangat ditunggu saat bulan Ramadhan, mungkin adzan di waktu shalat yang lain bisa jadi menaruh iri pada adzan magrib. Karena semua nampak suka cita menyabut suara adzan di waktu magrib.

Kumandang adzan magrib sebagai tanda waktu berbuka, setelah seharian menahan lapar, menahan haus, maka di waktu inilah kita bisa membatalkan puasa setelah satu hari penuh kita berpuasa.

Pasti diantara kita banyak yang mempunyai menu favorit saat berbuka puasa. Kolak, es cendol, es dawet, gorengan dsb adalah beberapa makanan yang menjadi menu pembuka ketika berbuka puasa. Karena biasanya setia rumah selain menyiapkan menu pembuka juga menyiapkan menu makanan utama untuk berbuka.

Menu Pembuka saat Berbuka paling mudah dan paling praktis.

Sudah beberapa ramadhan ini di rumah tidak menyiapkan menu pembuka untuk buka puasa. Dulu selalu ada kolak pisang, kolak ubi, kolak roti dan kolang-kaling, bubur sumsum, bubur ketela, bubur hunkwe dsb. Itu selalu berganti setiap hari menu pembukannya. Beberapa tahun ini sudah tidak buat, karena personel semakin berkurang dalam artian sudah pada menikah dan hidup masing-masing., jadi tinggal bertiga aku, ibu dan bapak. 

Akhirnya karena setiap ramadhan beberapa kali tidak pernah habis dan selalu berakhir di buang ibu memutuskan stop membuat makanan pembuka saat berbuka.

Lalu, kalau tidak ada makanan pembuka, membatalkan puasa dengan apa? apa langsung ke makanan utama? makanan utama biasanya di eksekusi setelah shalat magrib, karena sudah jadi kebiasaan, kalau buka puasa langsung di gas pool, perut langsung sakit dan sepanjang malam rasanya tidak nyaman.

Dan inilah menu pembuka puasa sederhana dan praktis versi aku :
  • Air hangat / air putih , kalau ibu biasanya buat teh hangat satu gelas besar karena bakalan diminum berdua dengan aku. Kalau bapak lebih suka air putih hangat, kalau aku lebih suka ke air putih (tidak panas, tidak hangat dan tidak dingin).


  • Buah-buahan, buah-buahan yang biasanya sering dipakai buat menu pembuka selain kurma adalah buah pisang dan buah pepaya, tapi paling maknyus buah pepaya. Karena di perut rasanya benar-benar luar biasa. Aku mulai membiasakan diri saat berbuka puasa aku awali dengan makanan yang tidak dimasak dengan api, karena aku pernah baca hadist yang menerangkan bahwa menu berbuka yang paling baik adalah kurma atau makanan yang tidak dimasak dengan api. (aku tidak tahu hadist ini shahih atau dhoif).

  • Jajanan pasar. Ini selalu ada di setiap hari bahkan tidak hanya waktu ramadhan saja, selalu ada menu jajanan pasar untuk pembuka berbuka puasa, tapi puasa tahun ini tidak ada lagi, karena biasanya ibu yang membelinya waktu ia jualan di pasar.


Itulah beberapa menu makanan pembuka saat berbuka puasa yang sangat sederhana, praktis dan anti ribet ala aku. tapi itu tidak wajib harus ada semua, Kalau kamu apa menu pembuka favorit kalian?





sumber foto :
Gambar oleh Pexels dari Pixabay
Gambar oleh Pexels dari Pixabay
Gambar oleh Varintorn Kantawong dari Pixabay

Posting Komentar

0 Komentar