{delapanbelas} Berkegiatan Selama Berpuasa? Kenapa Tidak



Jika tidurnya orang berpuasa adalah ibadah, maka kegiatan orang yang berpuasa maka akan bernilai lebih dari ibadah. Puasa seharian penuh menahan lapar dan haus bukan berarti cuma tiduran, rebahan atau nonton tv seharian penuh, kalau caranya seperti itu di mana ramadhan adalah bulan penuh berkah menjadi sia-sia saja.

Inilah beberapa kegiatan selama berpuasa yang juga bernilai ibadah.
  • Buka dan Saur Bersama Keluarga, keadaan seperti ini menjadikan kita kembali kepada kehangatan keluarga. Jika tahun kemarin mungkin hampir setiap hari ada jadwal buka puasa bareng atau sahur bareng bersama teman SD, teman SMP, teman SMA, teman nongkrong, dan teman-teman yang lainnya, bener nggak? Dan buka atau sahur bareng keluarga paling dapat dihitung dengan jari. Iya kan? dan inilah saatnya menjadikan keluarga yang utama dari yang utama.

  • Tilawah, jika hari-hari di luar ramadhan mungkin membaca al-quran sehari satu juz itu adalah hal yang mustahil, maka inilah saatnya karena entah mengapa kalau ramadhan itu mungkin karena kebawa suasana kalinya, yang biasanya susah bangun jam 3 pagi, ini dengan mudah gitu bangun jam segitu plus bisa tahajud lagi. jadi buat target selama ramadhan setidaknya harus khatam AL-quran satu kali. Dan sudah sampai juz berapa hari ini? masih semangat tilawahnya kan?

  • Membaca Buku, suka menimbun buku? Anjuran pemerintah untuk lebih baik di rumah saja, menjadi waktu yang pas untuk membabat timbunan buku, apalagi baca buku bisa sambil tiduran (meskipun tidak baik untuk kesehatan, tapi ini posisi yang paling nikmat) dan membaca buku juga tidak banyak mengeluarkan tenaga kan. jadi sudah berapa buku yang kamu baca ramadhan ini?

  • Olahraga, Selama puasa pasti bangun pagi untuk sahurkan? Dan bisa dipastikan semua orang sudah tahu bahwa tidur sehabis shalat subuh itu termasuk salah satu waktu yang tidak dianjurkan untuk tidur. Udara pagi yang masih segar cocok banget buat olahraga. Tidak usah olahraga yang berat, cukup dengan jalan kaki keliling rumah atau melakukan pemanasan ringan dengan gerakan yang sederhana.

  • Mengikuti Kajian Online. Ramadhan tahun ini memang disarankan untuk melakukan ibadah di rumah saja. Lalu bagaimana dengan kajian? Kajian termasuk dalak kegiatan yang mengumpulkan massa. Jadi tentunya dilarang selama keadaan masih seperti ini. tapi tidak usah bingung, sekarang era mileneal yang semua bisa dilakukan di rumah melalui teknologi. Kajian online, bisa via grup chat WA, stereaming via you tube atau siarang langsung melalui instgram, jadi kita tinggal pilih yang sesuai dengan kondisi kita mau yang mana.

Itulah lima kegiatan yang bisa dilakukan selama kita melakukan puasa, tidak usah khawatir akan lemas selama berpuasa sampai takut melakukan kegiatan, tetap berpuasa dan tetap lakukan kegiatan seperti biasanya dan pastikan apa yang kita makan saat buka dan saur adalah memang makan yang penuh vitamin dan nutrisi. Karena pernah ada yang bilang bahwa puasamu ditentukan oleh apa yang kau makan saat sahur dan buka.




Posting Komentar

0 Komentar