09. SUDAH BENARKAH CARA KITA MEMAKAI MASKER?



Jika beberapa waktu yang lalu, bagi sebagian orang memakai masker hanya jika sedang naik motor atau di dalam kendaraan umum, mereka memakai masker untuk melindungi dari dari asap kendaraan, debu, asap rokok, atau sinar matahari.

Tapi dengan merebaknya Covid-19 ini dan adanya anjuran pemerintah untuk memakai masker saat keluar rumah atau saat beraktivitas. Semua orang memakai masker untuk melindungi diri dari virus corona, karena dengan memakai masker diharapkan bisa memutuskan rantai penyebaran Covid-19.

Kita yang sehat cukup dengan memakai masker kain saja. Masker kain bisa dipakai berulang kali dan sekarang masker kain juga sudah banyak jenis dan modelnya, kita bisa pilih mau memakai masker kain dengan model seperti apa.

Ditengah banyaknya model masker yang beredar di masyarakat, sudah benarkah cara kita memakai masker selama ini?

Berikut tata cara memakai masker yang benar dan tepat :
  • Sebelum memasang masker, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir (minimal 20 detik) atau bila tidak tersedia, gunakan cairan pembersih tangan (minimal alkohol 60%).
  • Pasang masker untuk menutupi mulut dan hidung dan pastikan tidak ada sela antara wajah dan masker.
  • Hindari menyentuh masker saat digunakan; bila tersentuh, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir minimal 20 detik atau bila tidak ada, cairan pembersih tangan (minimal alkohol 60%)
  • Ganti masker yang basah atau lembab dengan masker baru. Masker medis hanya boleh digunakan satu kali saja. Masker kain dapat digunakan berulang kali.
  • Untuk membuka masker: lepaskan dari belakang. Jangan sentuh bagian depan masker; Untuk masker 1x pakai, buang segera di tempat sampah tertutup atau kantong plastik. Untuk masker kain, segera cuci dengan deterjen. Untuk memasang masker baru, ikuti poin pertama.

(sumber : covid19.go.id)

Itulah cara yang tepat dalam memakai masker. Jangan lupa memakai masker kalau ke luar rumah, tapi lebih baik di rumah saja. Mari kita sama-sama mencegah penyebaran virus corona ini.



Posting Komentar

0 Komentar