06. Jurus Khatam Al-Quran Hanya Dalam Satu Bulan Ala ODOJ



Membaca Al-quran menjadi nilai ibadah tersendiri bagi kaum muslim. Apalagi dibulan ramadhan seperti ini, situasi dan kondisi seperti sangat mendukung kita untuk rajin beribadah. Yang biasanya tidak bisa shalat malam sekarang tidak pernah absen. Yang biasanya buat tilawah tidak menemukan waktu yang pas sekarang sudah hampir khatam.

Tapi bagaimana nanti selesap ramadhan, masihkah kita akan rajin ibadah tahajud, masihkan kita bisa khatam dalam waktu satu bulan.



Berikut ada beberapa jurus agar kita bisa khatam al-quran dalam satu bulan ala komunitas ODOJ (One Day One Juz). Dari nama komunitasnya pasti sudah tahu kan artinya, iyaa kita baca satu juz satu hari.

  • JURUS KUDA PACU, ini kita tilawah satu juz dalam satu kali waktu, belum berhenti kalau belum selesai baca satu juz. Umumnya satu juz bisa diselesaikan dalam waktu kurang lebih sekitar 45 menit, tapi ada beberapa juga dalam waktu 30 menit sudah bisa menyelesaikan satu juz.


  • JURUS KEBO, jurus ini menerapkan sistem dimana aja dan kapan saja bisa tilawah. Mau di kereta api, di dalam bus, nunggu di halte tilawah jalan terus.


  • JURUS KURA-KURA. Maksudnya kita baca sedikit demi sedikit tapi sering, tiba-tiba tidak terasa satu juz udah selesai.


  • JURUS PAUS, jurus ini menerapkan sistem satu juz di bagi dua dengan dua kali baca, biasanya di waktu subuh atau magrib.


  • JURUS LEBAH, kalau jurus paus dibagi menjadi dua kali, kalau jurus lebah setiap habis shalat rawatib kita membaca AL-quran.  Al-quran dengan size panjang 15 cm dan lebar 10 cm itu satu juz-nya ada 10 lembar atau 20 halaman. Jadi kalau dibaca setiap habis shalat yang berarti 5 waktu maka setiap baca untuk 4 halaman atau dua lembar.



Itulah 5 jurus baca al-quran agar bisa khatam dalam waktu satu bulan. Sesuaikan dengan situasi dan kondisi yang kalian saat ini agar bisa memilih jurus mana yang mau diambi. Siaaap untuk satu hari satu juz.
Semangat kholas satu juz.






Posting Komentar

0 Komentar