{Sebelas} Ketrampilan yang dapat dipelajari saat di rumah.



Diam di rumah bukan berarti kita hanya rebahan saja, apalagi saat ramadhan seperti ini yang banyak orang bilang tidurnya orang berpuasa itu saja ibadah. Lalu kita tidur aja sepanjang hari. Tidurnya saja ibadah apalagi kalau dibuat melakukan sesuatu yang bermanfaat pastinya lebih bernilai ibadah sekali bukan.

Selama di rumah bukan berarti waktu untuk malas-malasan atau santai-santai saja, tapi baik juga digunakan untuk mengasah ketrampilan kita atau mempelajari beberapa ketrampilan yang bisa dilakukan selama di rumah atau menunggu bedug magrib, apa sajakah ketrampilan-ketrampilan tersebut :

  • Ketrampilan Menjahit, baik menjahit tangan atau mesin kalau tidak dipelajari ya tidak bisa dan jangan anggap gampang yang pekerjaan menjahit itu. Bahkan kata teman-teman ada yang bisa menjahit sederhana dengan mesin jahit hanya belajar melalui you tube. Kalau kata Ibu, menjahit itu semua perempuan itu bisa hanya mau apa tidak. Benar nggak sih?setidaknya kalau ada kancing baju yang lepas bisa dijahit sendiri, setidaknya kalau ada baju yang terkoyak bisa dijahit sendiri.


  • Memasak. Pas kan momennya untuk belajar memasak. Waktunya ramadhan, waktunya diharuskan untuk tetap banyak di rumah. Dan bahkan ada beberapa orang yang saat ini mengurangi makan di luar dan lebih memilih untuk membeli. Dan kenapa tidak dimanfaatkan saja. Buat camilan ringan, buat kue, buat menu buka buat menu sahur, bagaimana dengan resepnya? Tidak usah khawatir, di internet sudah bertebaran banyak resep. Coba aja nyari resep sate telur, gak hanya satu atau dua resep yang muncul tapi banyak resep yang bakal muncul


  • Menulis. Nah ini tidak perlu skill khusus, semua orang dengan berbagai genre dan usia bisa melakukan ketrampilan yang satu ini. jangan memikirkan khwalitas tulisan dulu. Tulis dan tulis saja, nanti kita juga bakalan tahu di mana letak kekurangan tulisan yang sudah kita buat.




Tidak ada ketrampilan yang tidak bisa dipelajari, usaha terus dan terus karena hukumnya di dunia ini adalah bahwa usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil. Jika hari ini gagal maka kita coba lagi esok. Jika hari ini berhasil esok kita ciptakan lagi sesuatu yang baru atau kita buat lebih dan lebih baik lagi dari sebelumnya. Kalau kata ibu “Bukan karena tidak bisa, tapi karena kamu nggak mau bisa.”

Kalau kalian ketrampilan seperti apa yang ingin kalian bisa untuk saat ini?






sumber foto :
Gambar oleh Dirk Wouters dari Pixabay
Gambar oleh Steen Jepsen dari Pixabay
Gambar oleh Werner Heiber dari Pixabay
Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay

Posting Komentar

0 Komentar