{Satu} APA ITU COVID-19?



Sudah tidak asing lagi mungkin kita dengan sebuah nama yaitu COVID-19. Di manapun kita berada pasti kita akan menemui satu nama itu, di berita televisi, media online, atau bahkan di obrolan saat kita beli sayuran COVID-19 selalu menjadi tema utama yang tidak bosan untuk dibicarakan.

Bagaimana tidak menjadi topik utama, jika dalam sekejap mata ia sudah bisa menyebar ke seluruh dunia, dan bahkan bisa membunuh ribuan orang di seluruh dunia. Puluhan ribu orang berstatus positif di seluruh dunia karena COVID-19.
Siapakah sebenarnya COVID-19 ini?
Sudah tahukan kita apakah COVID-19 itu?

COVID-19
COVID-19 atau Coronavirus Disease 2019. Yap COVID-19 adalah sebuah virus, yang kita tahu bahwa virus tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Tetapi meskipun begitu jangan anggap mereka lemah ya. Buktinya COVID-19 mampu membunuh banyak orang.

COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis coronavirus yang baru ditemukan. COVID-19 pertama kali terdeteksi di wilayah Wuhan. Wilayah Wuhan itu berada di propinsi Hubei Tiongkok, karena penyebarannya yang sangat cepat maka WHO memutuskan bahwa COVID-19 sebagai pandemi pada tanggal 11 Maret 2020.

Kenapa Dinamakan Virus Corona atau Coronavirus?
Virus corona atau coronavirus adalah suatu kelompok virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia. Beberapa jenis corona virus diketahui menyebabkan infeksi saluran nafas pada manusia mulai dari batuk, pilek hingga yang lebih serius seperti Middle East Respiratory (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Coronavirus jenis baru yang ditemukan menyebabkan penyakit COVID-19. (Sumber : www.who.int/indonesia)

Corona sendiri berasal dari bahasa latin yaitu Corona yang artinya mahkota, dilihat dari tampilan partikel virus, yang memiliki pinggiran mirip mahkota atau korona matahari.
Seperti ini wujud dari virus corona :

sumber : www.liputan6.com

 Dilihat bentuknya sangat indah bukan? Tapi siapa sangka bahwa virus dengan bentuk partikel seindah itu ternyata sangat mematikan.

Gejala yang ditimbulkan memang hampir sama dengan flu, batuk atau demam biasa. Tapi dia bisa mematikan karena dia menyerang salah satu organ vital pada tubuh manusia, yaitu paru-paru.

Dari berita yang beredar, bahwa virus ini berasal dari hewan yang kemudian berpindah kepada manusia. Lalu bagaimana bisa menyebar ke seluruh dunia?

Berikut beberapa hal yang membuat penyebaran covid-19 begitu cepat :
  • Melalui percikan-percikan dari hidung atau mulut yang keluar saat orang terjangkit COVID-19 batuk atau mengeluarkan napas.
  • Percikan yang keluar dari hidung atau mulut, kemudian jatuh ke benda-benda dan permukaan-permukaan sekitar. Orang yang menyentuh benda atau permukaan tersebut lalu menyentuh mata, hidung atau mulut maka dapat terjangkit COVID-19.
  • Selain itu, penularan COVID-19 juga dapat terjadi jika orang menghirup percikan yang keluar dari batuk atau napas orang yang terjangkit COVID-19.

(Sumber : www.who.int/indonesia )

Inilah secuil tentang COVID-19. Semoga segera berlalu pandemi COVID-19 ini. aamiin.




sumber foto :
Pixabay



klik di sini

Posting Komentar

0 Komentar