{ketiga} CARA MEMBANTU SESAMA SAAT TERJADI PANDEMI COVID-19


Pandemi COVID-19 yang melanda hampir seluruh negara di dunia sangat mempengaruhi seluruh aspek kehidupan. Pemerintahan baik pusat dan daerah mengeluarkan kebijakan-kebijakan baru dengan harapan bisa memutuskan rantai penyebaran COVID-19 sehingga bisa menyelamatkan warganya dari ancaman kematian akibat COVID-19.

Segi perekonomian bisa dipastikan yang paling dirugikan dari pandemi ini. Lalu lintas perdagangan banyak mengalami hambatan, transportasi umum selain dibatasi juga ada yang berhenti beroperasi.

Karena kesulitan mencari bahan baku dan alur produksi yang jadi terhambat banyak perusahaan atau pabrik-pabrik yang merumahkan karyawannya. Semua lapisan masyarakat merasakan efek pandemi ini.

Bahkan artis sekaliber Raffi Ahmad dan Luna Maya pun kebingungan jika pandemi ini tidak segera berakhir, mereka bingung bagaimana membayar para karyawan mereka. bahkan kemarin saya baca di timeline twitter, ada seseorang dengan gaji puluhan juta, dengan adanya pademi ini akhirnya di rumahkan, tidak sampai satu bulan rumah tangganya goyah, beban hidup dan tanggungan kewajiban yang sangat besar, karena otomatis pemasukan mereka juga berhenti. Dari dua hal ini bukan hanya masyarakat kelas menengah ke bawah saja yang merasakan efek pandemi ini.

Lalu bisakah kita saling menolong ditengah kesulitan dalam menghadapi pandemi ini? jawabannya selalu ada jalan untuk seseorang dalam menolong sesamanya. Caranya antara lain sebagai berikut :


Bantuan dalam wujud uang, bisa kita salurkan melalui rekening-rekening yang mungkin banyak kita temui di media sosial kita. Mulai dari artis, perusahaan besar, lembaga masyarakat banyak yang membuka penerimaan donasi dari masyarakat umum, yang nantinya bakalan disalurkan kepada mereka yang membutuhkan. Bisa diwujudkan dalam bentuk uang atau barang. Paket sembako, nasi box bahkan dalam bentuk APD yang disalurkan ke rumah sakit yang membutuhkan.


Itu jika kita mempunyai uang, lalu bagaimana jika untuk makan saja kita masih bingung, apakah tetap bisa membantu sesama? Bisa. Dengan cara seperti apa? dengan cara mentaati peraturan pemerintah seperti pakai masker kalau keluar rumah, jaga jarak, rajin cuci tangan dan saling mendoakan agar yang sakit segera diberi kesembuhan dan agar COVID-19 segera lenyap dari bumi ini.

Memang kalau ada uang membantu sesama akan jauh terasa lebih mudah dan berguna, tapi setiap orang sudah dengan porsinya masing-masing. Yang membantu dengan tenaga juga hebat, mereka yang membantu dengan waktunya juga tidak kalah hebat , mereka yang mentaati peraturan pemerintah juga tidak kalah hebatnya.  Bantulah sesama semampu dan sebisa kita agar kita tahu bahwa ada kebahagian tersendiri yang mengikuti.



Sumber gambar :
Gambar oleh MoiCitoyen dari Pixabay

Gambar oleh Michal Jarmoluk dari Pixabay




Posting Komentar

0 Komentar