{keempat} Tindakan Preverentif Agar Terhindar Dari Virus COVID-19



Mencegah lebih baik daripada mengobati, apalagi dengan mencegahnya kita tidak hanya bisa menyelematkan diri kita sendiri, keluarga tapi bisa memutus rantai penyebaran sehingga kita sama saja menyelematkan seluruh manusia di dunia ini.

Tapi setiap individu harus benar-benar melakukan tindakan pecegahan ini, tidak hanya satu atau dua orang saja. Jika menyelematkan dunia kamu anggap terlalu berat setidaknya berfikirlah bahwa kita harus bisa menyelamatkan diri kita sendiri atau orang terdekat kita.

COVID-19 sampai detik ini masih belum ditemukan vaksinnya. Jadi yang bisa kita lakukan hanya melakukan tindakan pencegahan atau tindakan preverentif. Seperti apakah tindakan preverintif ini ?

  • Hindari Kegiatan di luar rumah yang bersifat mengumpulkan banyak orang atau berkumpul dengan banyak orang.

Kita tahu bahwa penyebaran COVID-19 adalah melalui udara. Udara akan membawa percikan yang keluar dari hidung atau mulut si penderita, selain itu juga akan menempel di benda-benda yang terkena percikan itu.

Pemerintah sudah mengeluarkan peraturan bahwa segala sesuatu yang bisa menimbulkan berkumpulnya masa untuk dihentikan, hal itu antara lain : kenduri, arisan, imunisasi, melayat, pernikahan dsb. Dan jangan dulu untuk jalan-jalan atau traveling ke luar kota ya apalagi ke luar negeri.

Jika terpaksa untuk keluar rumah sebaiknya memakai masker. Dan baiknya jangan melepas masker selama kita masih di luar rumah. Karena kita bertemu banyak orang dengan latar belakang sehari-hari yang kita tidak tahu.
  • Jaga kebersihan diri.

Salah satu caranya dengan rajin cuci tangan, apabila kita habis dari keluar rumah sebelum menyentuh perabotan yang ada di rumah sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu. Sekarang ini di banyak tempat umum menyediakan tempat cuci tangan ataupun handsanitaizer.

Cuci tangan yang baik dengan air sabun dan dengan air yang mengalir dan juga tahapannya seperti yang sudah menjadi standrd dari WHO (Badan Kesehatan Dunia). Seperti ini :


  • Jaga Kesehatan.

Untuk menjaga kesehatan diri kita perhatikan pola makan, istirahat yang cukup, makan makanan dengan gizi seimbang 4 sehat 5 sempurna, selain itu juga ditunjang cukup olahraga, minum madu, vitamin C.

Karena menurut informasi yang beredar, virus COVID-19 ini sama dengan virus flu pada umumnya yang hanya akan menyerang mereka yang sedang dalam kondisi kesehatan menurun tapi tidak menutup kemungkina orang sehat. Karena beberapa orang sehat tanpa gejala yang setelah di cek hasilnya positif COVID-19
  • Tidak Panik.

Beberapa waktu terakhir, sempat mendapat informasi bahwa kepanikan atau kecemasan yang berlebihan bisa menurunkan sistem imun kita, jadi kita bisa menjadi gampang sakit.

Agar kita tidak panik kita berusaha untuk berfikir positif, selalu cek kebenaran sebuah berita karena banyaknya berita hoax yang juga beredar. Tetap berusaha dan jangan lupa untuk berdoa juga agar kita semua bisa dilindungi dari COVID-19 dan pandemi ini segera berlalu.

Itulah beberapa tindakan preverentif guna mencegah virus COVID-19







sumber foto :
Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay
www.p2ptm.kemkes.go.id


kliknya ini saja


Posting Komentar

0 Komentar