FITUR QR CODE DAN CLIK & COLLECT MEMBUAT JUALAN MAKIN LARIS


Jualan online bukan lagi hal asing untuk sekarang ini, jual – beli online menjadi primadona baru, tidak pandang lapisan masyarakat, tidak memandang usia ataupun jenis kelamin. Semua suka dengan jualan online, kalau kata ibu aku begini “Sekarang apa-apa serba online”. Tidak bisa dipungkiri karena memang kenyataannya seperti itu.

Melihat target pasar yang sangat besar menjadi pekerjaan tersendiri untuk seller (penjual online) atau market place untuk tetap menyajikan pelayanan yang terbaik untuk para pembeli. Berbagai macam promo diberikan kepada para pembeli dengan tujuan menarik mereka untuk tetap konsisten membeli di mereka. Selain menciptakan banyak promo, terutama untuk market place juga melakukan berbagai macam inovasi teknologi yang dirancang untuk memberi kemudahan pembeli dan meningkatkan penjualan para seller mereka.

Hal ini, seperti yang dilakukan oleh blibli.com. Blibli merupukan anak dari perusahaan Djarum di bidang digital, didirikan tahun 2010 dan resmi diluncurkan pada bulan Agustus tahun 2011. Baru-baru ini blibli meluncurkan dua fitur baru yang mampu memberi kemudahan dan meningkatan penjualan. Produk itu adalah “Fitur QR Code dan Click and Collect”.

Berikut penjelasan dari kedua fitur baru tersebut :

FITUR QR CODE
QR (Quick Response) Code atau kode matrik yang di mana isi kode dapat diterjamahkan dengan cepat.
Fitur QR Code ini bisa digunakakan untuk mendowload aplikasi blibi.com selain melalui Google Play atau App Store, dan selain itu juga bisa digunakan untuk transaksi pembayaran.
Cara dowonlod aplikasi blibi.com melalu QR Code : 
1. 

2. 


Era modern sekarang orang tidak perlu membawa banyak uang tunai dalam dompetnya. Selain di ATM, orang pada era modern ini banyak yang menyimpan uang mereka dalam bentuk uang elektronik.
Blibli.com memahami akan hal itu, maka blibli.com menyediakan fasilitas pembayaran melalui QR code. Pembayaran dengan QR code hanya bisa melalui aplikasi GO-PAY, LinkAja, Sakuku.
Untuk pembayaran dengan fitur QR code melalui GO-PAY hanya bisa dilakukan untuk transaksi via desktop.
Sedangkan untuk pembayaran melalui aplikasi Sakuku mempunyai batas minimum sebesar Rp. 10.000,- dan batas maksimumnya adalah Rp.10.000.000,-
Pastikan sebelum kamu sudah mendowload aplikasi tersebut dan membuat akun di sana. 
Berikut contoh cara pembayaran menggunakan QR Code melalui aplikasi Sakuku : 

  1. Klik “Uang Elektronik pada kolom Pilih Metode Pembayaran di laman proses Pembayaran, lalu pilih “Sakuku
  2. Klik “Bayar Sekarang
  3. Secara otomatis kamu akan diarahkan ke halaman Sakuku
  4. Login terlebih dahulu menggunakan nomor handphone kamu. Jika sudah, kamu akan diberikan QR Code untuk melakukan proses scan
  5. Akses Sakuku melalui smartphone, lalu pilih BAYAR BELANJA
  6. Scan QR Code menggunakan smartphone kamu
  7. Jika scanning berhasil, kamu akan masuk ke laman Konfirmasi Transaksi
  8. Periksa kembali pesanan dan nominal total pembayaran kamu
  9. Klik tombol LANJUT untuk membayar transaksi kamu
  10. Proses transaksi selesai, berikutnya kamu diarahkan kembali ke laman TERIMA KASIH Blibli.
Fitur Click and Collect
Fitur clik and collect adalah fitur terbaru yang dikeluarkan oleh blibli.com yang sangat memberikan kemudahan bagi pembeli atau penjual. Karena fitur ini memberikan customer pengalaman belanja online dan offline secara bersamaan, dengan cara ambil pesanan sendiri.

Jadi customer tidak perlu menunggu barang datang ke alamat tujuan tetapi bisa langsung diambil ke toko yang sudah kita tentukan dengan waktu yang juga bisa tentukan sendiri.

Inilah beberapa official partner dari Blibli.com yang menyediakan fitur click and collect.






Fitur click and collect untuk sementara waktu hanya tersedia di wilayah JABODETABEK, Bandung, Surabaya, Semarang dan Bali. Dan dipastikan blibli.com akan segera menambah layananan di wilayah seluruh Indonesia.

Bagaimana cara belanja dengan click and collect :

  • Setelah kamu selesai menambahkan produk ke Bag, lanjutkan ke laman Pengiriman  Pilih metode “Click & Collect




  • Lanjut dan selesaikan pembayaran sesuai metode pembayaran yang tersedia
  • Setelah pembayaran terverifikasi, kamu akan menerima email konfirmasi pesanan dari Blibli.com yang dilengkapi dengan kode settlement dan barcode unik serta panduan pengambilan produk di toko.



  • Kunjungi toko yang telah kamu pilih sebelumnya dan tunjukkan email konfirmasi tersebut pada petugas toko dalam waktu 7 hari operasional (mohon periksa jam operasional masing-masing toko), hari Sabtu dan Minggu tidak di hitung untuk toko yang beroperasi di hari Senin hingga Jumat.
  • Mohon jaga kerahasiaan kode settlement, Blibli.com tidak bertanggung jawab apabila terjadi kebocoran kode settlement untuk pengambilan barang.

Apa keuntungan fitur click and collect untuk seller ataupun customer?

Keuntungan fitur click and collect untuk seller atau penjual :

  1. Seller pastinya tidak akan dipusingkan dengan membungkus pesanan dan hal-hal berkaitan pengiriman.
  2. Menambah tingkat kepercayaan customer, karena barang bisa diambil langsung sehingga customer bisa melihat secara langsung kondisi fisik barang yang ia pesan. Maka mereka tidak akan segan untuk kembali berbelanja di situ.

Keuntungan fitur click and collect untuk customer atau pembeli :

  1. Kamu dapat belanja segala produk favorit kamu secara online lalu ambil pesanan sendiri di toko terdekat sesuai pilihan
  2. Kamu tidak perlu repot menunggu pengiriman kurir atau pun melacak status pesanan. Cukup ambil pesanan pada waktu dan tempat sesuai pilihan kamu. Bisa ambil pesanan sendiri saat istirahat makan siang, saat perjalanan berangkat atau pulang kerja, bahkan di hari Sabtu dan Minggu sesuai jam toko
  3. Toko-toko partner Click & Collect memiliki jam operasional yang panjang, dari pagi hingga malam, 7 hari dalam seminggu
  4. Kamu bisa mengecek kondisi fisik barang, tanggal kadaluwarsa secara langsung. Sehingga kamu akan merasa aman dan tenang dengan barang yang kamu beli.

Pembeli adalah raja, saat pembeli merasa diberi kemudahan dan kepuasan mereka akan kembali lagi dan kembali lagi maka otomatis juga akan meningkatkan penjualan.
Jadi jangan ragu lagi untuk belanja online ataupun jualan online di Blibli.com







Catatan  : tulisan ini dibuat untuk mengikuti kompetisi blog yang diadakan oleh blibli.com periode Oktober 2019 dengan tema “Jualan Lebih Laris Dengan Memanfaatkan Fitur Qr Code Dan Click & Collect


Posting Komentar

2 Komentar

  1. fitur ini buat web onlineshop sendiri bisa ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku kurang tahu kak kalau untuk web online sendiri bisa apa nggak.. kalau yang ini memang untuk blibli saja.
      terimakasih kak sudah berkunjung...

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak. j