MAU KE PACITAN? KALAU DARI SURABAYA NAIK APA?


Surabaya sebagai ibukota provinsi, dengan segala kemacetan dan dengan segala fasilitas yang disediakan menjadi magnet tersendiri untuk kita merantau ke sana atau sekedar liburan kesana.


Ditengah rutinitas dan kesibukkan yang sangat padat, di suatu hari pasti kita menginginkan sebuah liburan atau jalan-jalan ke kota yang lain yang jauh dari kemacetan tetapi menyuguhkan tempat pariwisata yang sangat indah.

Pacitan, kota kecil paling ujung barat daya Provinsi Jawa Timur ini yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, menawarkan banyak pilihan tempat pariwisata yang sangat menarik.

Beberapa waktu lalu, waktu masih jadi wacana bahwa ibukota bakalan pindah ke Kalimantan, aku sempat berkomentar “Mungkin nggak sih ibukota provinsi pindah ke Pacitan, agar pembangunan merata.” Lalu komentar itu terpatahkan dengan argumen dari diri sendiri juga yaitu, “Udah Pacitan biar gini aja, tenang dan macetnya hanya pas menjelang lebaran aja.” He he he

Di Pacitan sekali pantai-pantai yang sangat indah dan menawan. Tidak usah bingung jika kalian mau ke Pacitan. Ada beberapa transportasi yang bisa digunakan menuju ke Pacitan dari Surabaya, selain naik kendaraan pribadi yang bisa diakses lewat tol hingga Madiun, tidak bisa dipungkiri keberadaan tol hingga di Madiun memang mempersingkat waktu tempuh dari Surabaya ke Pacitan.

Berikut beberapa alternatif transportasi menuju ke Kabupaten Pacitan dari Surabaya :
TRAVEL
Ada beberapa travel yang beroperasi di jalur Surabaya Pacitan atau dari Pacitan ke Surabaya. Rata-rata mereka punya waktu operasi dua kali dalam sehari, yaitu pagi dan malam. Naik travel memberi banyak kemudahan salah satunya kita akan dijemput dan di antar langsung ke alamat tujuan, jadi bisa dikatakan kalau naik travel itu ‘duduk diam sampai tujuan’. Tapi memang kita harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit, karena satu penumpang bisa dikenakan biaya kurang lebih Rp. 150.000,- per orang, bisa lewat tol atau tidak biasanya tergantung kesepakatan dari penumpang dengan pihak travel.

Berikut beberapa travel yang bisa dihubungi untuk melakukan perjalanan dari Pacitan ke Surabaya atau sebaliknya :
  • Travel Purwowidodo (no ponsel : 087859569079)
sumber foto : www.travelpurwo.com

  • Travel Bintang Terang (No ponsel : 087758513838)
sumber : pt-bintang-terang-tour-travel.business.site

  • Travel Alfath Duta (No ponsel : 081938621558)
sumber : web.facebook.com


Berdasarkan pengalaman, aku biasanya baik dari Pacitan atau Surabaya aku menghubungi satu nomer saja, nanti biasanya akan disampaikan ke yang bersangkutan.

NAIK BUS ANEKA JAYA
Bus Aneka Jaya adalah bus andalan dan kebanggaan masyarakat Pacitan. Untuk waktu operasinya memang tidak bisa setiap waktu atau setiap saat. Ada jam-jam tertentu jika kita mau naik bus Aneka Jaya ini. untuk tarif memang lebih murah dibanding naik travel. Biaya untuk naik bus Aneka Jaya ini sebesar Rp 50.000,- jika naik dari Pacitan maka nanti akan dapat free air mineral, kalau dari Surabaya tidak dapat.

sumber : twitter.com/PoAnekaJaya

Berikut jam-jam pemberangkatan bus Aneka Jaya :
  • Dari Pacitan (terhitung dari Terminal Pacitan) : 09.20 WIB, 13.30 WIB, 23.00 WIB
  • Dari Surabaya (terhitung dari Terminal Bungurasih) : 08.34 WIB, 17.53 WIB, 22.40 WIB

Mengingat jadwal keberangkatan bus yang setiap saat, saya sarankan lebih baik kita nunggu di terminal daripada ketinggalan. Karena jika nanti ganti bus di Ponorogo, malah akan membuat waktu lebih lama.

Jika kalian dari Surabaya, misal sampai di terminal Bungurasih waktunya masih lama dan Bus Aneka Jaya belum antri di antrian, saya sarankan untuk menunggu di dekat bus sebelum jalan ke antrian, bisa turun lewat pintu paling ujung, kalau nggak salah ingat yang tidak ada nomernya. Atau tanya saja ke petugasnya, nanti akan dikasih tahu tempat parkirnya, bisa juga waktu ditanya beberapa awak bus, jawab saja “Aneka Jaya pak.” In shaa allah mereka pasti akan memberitahu.

Perjalanan dengan bus Aneka Jaya ini memerlukan waktu kurang lebih sekitar 7-8 jam, sudah bisa dipastikan kita sampai di Pacitan atau Surabaya jam berapa, kecuali kalau macet atau ada aral lintangan yang lain. sebagai contoh, kalau saya dari Surabaya naik yang jam 08.34 pagi maka sampai pacitan kurang lebih pukul 16.00 WIB . Sedangkan kalau dari Pacitan naik bus yang jam 13.30 WIB sampai Surabaya kurang lebih jam 21.00 WIB.

NAIK KERETA API.
Kalau ini pengalaman kakak aku, waktu liburan kenaikan kelas. Karena personelnya tidak hanya satu atau dua orang yang jika naik travel akan sangat memakan biaya. Awalnya dari Pacitan ke Surabaya, kakak aku dan anak-anaknya naik bus, tapi sepanjang perjalanan semua teler alias mabuk darat. Mengingat hal itu waktu balik ke Pacitan dari Surabaya, kakak aku berinisiatif untuk naik kereta api. Di Pacitan belum ada stasiun dan tidak dilewati oleh jalur kereta api. Lalu bagaimana? Kakak aku naik dari stasiun Wonokromo dan berhenti di Stasiun Madiun. Dari Madiun naik travel lagi.

Selain naik travel juga bisa naik Bus, dari stasiun kita naik angkutan umum dulu untuk ke terminal, kemudian naik bus jurusan Ponorogo, dan setelah sampai di Ponorogo baru naik bus menuju Pacitan. Agak sedikit ribet dan panjang.

Itulah beberapa cara menuju ke Pacitan dari Surabaya, semoga membantu kalian yang hendak berkunjung ke Pacitan.





Catatan ; Tulisan ini dibuat untuk mengikuti blog challenge #BlogChallengeSeptember. Untuk tema bebas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TENTANG LAYANAN SERVICE "JTR" DARI JNE

MERK BUKU TULIS YANG PALING TERKENAL DI INDONESIA

WANITA DAN SIFAT CEREWETNYA