IKATAN ITU ADALAH PERSAHABATAN


“Seseorang itu tergantung pada agama sahabatnya, maka perhatikanlah salah seorang dari kamu kepada siapa dia bersahabat.” (HR. Abu Daud)

Beberapa tahun yang lalu mungkin kita pernah dengar lirik lagu seperti ini :
Persahabatan bagai kepompong
Mengubah ulat menjadi kupu-kupu
Persahabatan bagai kepompong
Hal yang tak mudah berubah jadi indah
Persahabatan bagai kepompong
Maklumi teman hadapi perbedaan.

Itulah lirik dari lagu dengan judul KEPOMPONG yang dipopulerkan oleh Sindentosca. Siapa yang pernah liat video klipnya? Kalau kalian pernah lihat mereka di televisi berarti aku tahu umur kalian. Ha ha ha ha

Apa ikatan yang lebih kuat dari keluarga?
Siapa orang yang paling penting setelah keluarga?
Semua sepakat bukan kalau jawabannya adalah sahabat.

Sahabat memang mempunyai arti yang sangat besar dalam kehidupan seseorang. Setiap orang pasti punya sahabat. Berteman boleh sama siapa saja, tapi kalau bersahabat ya harus pilih-pilih.

Pernah nggak sih kalian dinasehati teman kamu, dengan kasar dan tidak ada perasaan kwatir kalau kamu bakalan sakit hati, dan kamu tidak membantah. Tetapi dia tidak pergi tetap mengulurkan tangan untuk membantumu. Itulah sahabat, adakalanya kita membutuhkan nasihat yang kasar dan tidak berperikemanusiaan yang pada akhirnya malah membuka pikiran kita dengan hal-hal yang baru.


Pikiran mu dengan masalahmu dan yang kamu butuhkan adalah sebuah pembenaran dari mereka akan apa yang kamu pikirkan itu, meskipun kamu tahu apa yang kamu pikirkan itu salah.

Contohnya, semisal kamu patah hati, nangis tujuh hari tujuh malam masih kurang, datang ke tempat kerja dengan kantung mata hitam dengan kondisi yang tidak baik-baik saja. Apa respon teman kamu dan apa yang kamu butuhkan? Apakah kamu butuh pembenaran bahwa kesedihan mu adalah sebuah kebenaran atau kamu butuh yang lain?
Kira-kira kalau teman aja apa yang bakal mereka lakukan?
Kalau sahabat apa yang akan mereka lakukan juga?
Disitulah nanti akan terlihat perbedaannya.

Rasa nyaman, menjadi satu hal yang penting dalam sebuah hubungan persahabatan. Kita pasti bertemu dengan banyak orang, akan berteman dengan banyak orang, tapi dapat dipastikan hanya ada beberapa saja yang membuat kita merasa nyaman. Dan rasa itu akan berlanjut hingga puluhan tahun berlalu.


Maka dari itu, kenapa ikatan persahabatan sama kuatnya dengan ikatan persahabatan. Karena dia melibatkan hati, perasaan yang tulus tanpa ada pamrih. Kita bersahabat dengan dia bukan karena dia siapa dan bukan karena dia kenapa. Karena dia adalah dia dan bukan yang lain.

Sudah ucapakan selamat pagi, untuk sahabat mu pagi ini....






Catatan : tulisan ini diikutsertakan dalam blogchallenge #BlogChallengeSeptember, untuk tema hari ketujuh yaitu “ Persahabatan”

Posting Komentar

0 Komentar