JAJANAN SAAT LEBARAN YANG PALING DITUNGGU-TUNGGU


Kue lebaran atau jajanan lebaran biasanya sudah disiapkan jauh-jauh hari. Sebagian orang ada yang membeli atau membuat sendiri. Kita berlomba-lomba untuk memberikan hidangan yang terbaik untuk mereka yang berkunjung ke rumah.

Toko-toko baik di pasar, swalayan atau kelontong mereka juga banyak menjual beraneka macam pilihan jajanan yang untuk lebaran. Beraneka macam jenis panganan dengan berbagai macam pilihan warna, ukuran mereka sajikan untuk memenuhi pilihan kita akan jajanan saat lebaran.

Begitu banyak jenis jajanan saat lebaran, adakah yang menjadi favorit dan selalu kita cari saat berkunjung ke rumah saudara atau tetangga? Berikut jajanan saat lebaran yang paling aku cari saat berkunjung :
Tape
Makanan atau jajanan berbahan dasar ketan ini menjadi primadona saat lebaran. Rasanya yang manis serta mengandung banyak air yang menambah citra rasa kesegeran dan menambah kenikmatan. Tape adalah salah satu makanan basi yang enak untuk di makan. Biasanya dibungkus daun pisang, tapi ada beberapa orang yang menaruhnya di cup plastik. Ada beberapa rumah yang sudah menjadi incaran, yang selalu membuat tape saat lebaran dan rasanya dijamin makyus, jika sudah sampai ke rumah itu tape adalah target kedua setelah bersalaman dan meminta maaf kepada tuan rumah.
sumber : www.bukumasakan.com

Rengginang
Lagi-lagi dari ketan bahan dasarnya. Rasanya gurih dan renyah. Kalau disini biasa dinamakan ‘krecek’. Ada juga regginang yang bahan dasarnya dari ketela pohon, dan menurut aku ini yang lebih enak, dibanding rengginang yang dari ketan. Biasanya teman dari rengginang atau krecek ini adalah ‘tumpi’semacam peyek tapi beda. Aku kurang paham cara membuatnya. Biasanya warnanya kuning (bukan digoreng sampai kekuning-kuningan tapi memang bahan utamanya dikasih warna kuning) terus waktu menggoreng ditaburi kacang kedelai hitam. Serupa dengan peyek, tapi kayaknya bahan baku utamanya beda.
krecek telo. sumber gambar : www.bukalapak.com
krecek dari ketan, sumber gambar : https://id.wikipedia.org

Krupuk Opak Telo atau sermier
Kalau ini biasanya aku cari waktu lebaran hari kedua, yaitu waktu ke rumah saudara-saudara dari pihak ibu. Bahan dasarnya ketela pohon, rasanya gurih dan kriuk-kriuknya terasa sampai di perut. He he he
kerupuk sebelum d goreng , sumber : kerupuksermier.blogspot.com
bukalapak.com
Madu Mongso
sumber : www.tokopedia.com
makanan berbahan dasar ketan hitam ini rasanya manis dan enak sekali. Biasanya dibungkus kecil-kecil. Madu mongso memang agak sulit mencarinya saat tidak lebaran, jadi maafkan kalau agak tidak terkendali saat bertemu mado mongso ini.

Itulah beberapa jajanan yang paling aku cari saat lebaran, lalu kalau kalian apa? Share yuk....




Noted :
Cover sampul judul mengambil dari :
Tulisan ini sengaja dibuat untuk mengikuti challenge #30HariKebaikanBPN #30DaysRamadhanBlogChallenge yang diadakan oleh Blogger Perempuan Network (BPN). Dan ini untuk tema hari ke-27.


info lengkap ada di sini






Posting Komentar

2 Komentar

  1. Madu mongso itu rasanya apakah seperti dodol ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hampir sama kak, tapi aku suka madomongso yang teksur ketannya masih ada / keliatan. ada beberapa madu mongso yang teksturnya halus banget....

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak. j