Buka Rekening Di Bank Syariah Mandiri

Siapa teman-teman yang sudah punya rekening Bank Syariah?
Kalau aku baru punya beberapa waktu yang lalu, sebelumnya sudah pernah punya rekening di Bank Syariah, tapi karena di sini (di Pacitan) tidak ada bank syariah otomatis tidak kepakai dan akhirnya hanguslah itu rekening, alias sudah tidak bisa digunakan.

Salah satu dari rekening tersebut adalah rekening di Bank Syariah Mandiri (BSM), waktu itu aku buka rekeningnya di Kota Malang, kemudian pindah ke Pacitan, sempat beberapa kali aku pakai tapi karena aku lebih dominan pakai rekening konvensional, otomatis rekening BSM ini aku duakan dan akibatnya adalah ATM dan buku tabungannya hilang.

Beberapa tahun kemudian....

Tidak sampai banyak tahun sebenarnya tapi cuma sekitar dua tahun, tiba-tiba habis lebaran kemarin, kepikiran buat mengaktifkan kembali rekening BSM dan dipakai buat tabungan saja.

Dan hari pertama masuk setelah libur lebaran datanglah saya ke kantor BSM cabang Pacitan, dari zaman dahulu sampai sekarang selalu suka nuansa-nuansa di bank syariah, disambut baik sama pak satpam kemudian diarahkan ke customer service yang cantik dan ramah, tapi aku lupa namanya siapa.

Setelah menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan saya ke BSM, mbak CS nya bilang karena pembukaan rekeningnya di cabang Malang, yang berkenan untuk mengaktifkan kembali adalah pihak sana, tapi sama mbaknya akan dibantu menghubungi pihak Malang. Dan aku cuma diharuskan menunggu karena pihak BSM Pacitan akan menghubungi saya jika sudah ada kabar dari BSM Malang.

Beberapa hari kemudian.....

Mbak CS mengatakan akan memberikan kabar, tapi sampai seminggu belum ada kabar dari BSM Pacitan, akhirnya aku datang kembali ke BSM Pacitan.
Dan ternyata rekening aku sudah tidak bisa diaktifkan kembali, dan kalau ingin punya rekening BSM harus buat rekening baru lagi. Karena niat awalnya memang mau difungsikan untuk tabungan maka aku putuskan untuk membuka rekening baru di Bank Syariah Mandiri.

Ternyata di Bank Syariah Mandiri untuk tabungan ada 2 jenis produk tabungan mudharabah dan tabungan wadiah. Perbedaan keduanya hanya terletak di bagi hasil dan biaya admininstrasi tiap bulannya, selebihnya sama.

Wadiah sendiri artinya adalah titipan, jadi nasabah yang mempunyai rekening tabungan wadiah di bank BSM tiap bulannya tidak dikenakan biaya admin sehingga juga tidak mendapatkan bagi hasil di tiap bulannya.

Dan aku memutuskan untuk memilih tabungan wadiah ini di bank BSM, karena memang aku fokuskan ke tabungan saja, setidaknya jika tidak bisa rutin menabung setiap bulan, maka uang akan tetap utuh.

Lalu apa saja sih syarat pembukaan rekening Tabungan Wadiah di Bank Syariah Mandiri?

Syarat-syarat buka rekening Tabungan Wadiah di Bank Syariah Mandiri adalah sebagai berikut :

  • KTP asli, tidak usah di fotocopy dulu, karena hal ini akan dilakukan oleh pihak bank sendiri.
  • NPWP, kalau punya bisa dibawa tapi kalau tidak juga tidak apa-apa.
  • Siapkan uang Rp. 100.000,- karena minimal pembukaan rekening adalah seratus ribu rupiah.
Tidak usah kwatir nunggu lama, karena prosesnya cepat, buku tabungan dan ATM sudah ada dalam genggaman. ATM baru tersebut baru bisa digunakan setelah 2 jam kalau tidak salah ingat sekitar segitu waktunya.

Harapan aku dan mohon doanya dari semua, semoga bisa rutin untuk mengisi tabungan wadiah ini di tiap bulannya. Aamiin...


Posting Komentar

4 Komentar

  1. Dari dulu pgn pindah ke Bank Syariah tp belum tercapai.. Terimakasih info syarat-syaratnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, ahamdulilah kalau bermanfaat. terimakasih sudah berkunjung

      Hapus
  2. Apakah ada biaya atm nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku pakai yang akad wadiah kak, jadi tidak ada biaya nya sama sekali.

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak. j