3 HAL YANG DILAKUKAN UNTUK MENYAMBUT LEBARAN


Ramadhan berlalu maka datanglah lebaran. Lebaran atau hari kemenangan bagi seluruh umat Muslim di dunia, setelah selama satu bulan berjuang atau berperang melawan hawa nafsu. Gema takbir berkumandang di seantero jagad raya, disambut suka cita dan penuh luapan kegembiraan oleh semua orang.

Selain baju baru, makanan khas lebaran, mudik atau uang THR apakah ada hal lain yang biasa dilakukan untuk menyambut lebaran. berikut 3 hal yang biasanya dilakukan untuk menyambut lebaran :
TAKBIR KELILING
Kalau di daerah aku takbir keliling ini disebut “Oncor-oncoran”. Takbir keliling kampung dengan membawa oncor yang dibuat dari sebatang bambu yang sudah dipotong, untuk panjang pendeknya bisa disesuaikan, kemudian diisi minyak tanah, untuk sumbu biasanya pakai sabut kelapa. Biasanya anak-anak kecil di kampung atau kalau disini satu dusun dibawah komando takmir masjid atau anak karang taruna, mereka akan keliling kampung, melewati gang-gang kecil dengan berjalan kaki sambil melafalkan takbir. Biasanya dimulai habis isya’, anak-anak berkumpul di masjid dusun, setelah oncor-nya diisi minyak tanah yang sudah disediakan oleh takmir, mereka akan berbaris dan siap melakukan takbir keliling. Dan hal ini selalu di tunggu oleh anak-anak dari tahun ke tahun. Semoga tradisi ini terus akan berlangsung sampai kelak.
Bersih-bersih rumah.
Di puasa terakhir, atau detik-detik menjelang akhir ramadhan hampir semua rumah kompak untuk melakukan bersih-bersih mulai dari depan hingga belakang rumah tanpa terlewatkan. Gorden-gorden meskipun tidak baru harus diganti yang bersih, lantai rumah dibersihkan sampai kinclong, langit-langit rumah dibersih dari sarang laba-laba yang sangat cepat sekali membuat rumah, makanya sebagian orang memilih waktu yang mepet untuk membersihkannya. Jika ada uang lebih dan warna tembok sudah mulai pudar maka menge-cat rumah dengan warna yang baru menjadi salah satu hal wajib yang harus dilakukan dalam menyambut lebaran.
Membuat kue atau jajanan lebaran sendiri.
Meskipun sudah banyak yang jualan beraneka macam panganan atau jajanan untuk lebaran baik secara online atau offline membuat jajanan sendiri masih menjadi kewajiban bagi sebagian orang. Contohnya mamak love meskipun juga jualan jajanan untuk lebaran kurang afdol rasanya kalau tidak ada makanan yang dihidangkan dimeja buka karya sendiri, untuk tahun ini Mamak love membuat rengginang sendiri, buatnya dari awal puasa dan biasanya digoreng sehari sebelum lebaran.

Dan tidak hanya mamak love, sebagian besar di daerah tempat tinggal aku, selain menghidangkan jajanan buatan pabrik atau beli, pasti di salah satu meja selalu ada jajanan buah tangan sendiri dan bisanya jajanan itu jajanan tempo dulu bukan sekelas nastar ataupun putri salju. Jajanan yang biasa dibuat sendiri itu antara lain : tape ketan, madu mongso, peyek kacang, rengginang, kembang goyang dan biasanya makanan seperti inilah yang malah dicari oleh sebagian besar tamu yang berkunjung.

Itulah tiga hal yang biasa dilakukan untuk menyambut lebaran. Kalau kalian apa saja hal-hal yang kalian lakukan untuk menyambut lebaran? share di sini yuk.


Noted :
Desain cover judul/sampul dari : canva.com
Tulisan ini sengaja diposting untuk mengikuti challenge #30HariKebaikanBPN #30DaysRamadhanBlogChallenge yang diadakan oleh Blogger Perempuan Network (BPN).  Dan ini adalah untuk tema hari ke-30

Posting Komentar

0 Komentar