Tunjangan Hari Raya


Tunjangan Hari Raya atau biasa disebut dengan THR. Bulan Ramadhan menjadi bulan penantian masa THR mengucur dari tempat kerja ke dompet masing-masing karyawan. Aku sudah lupa bagaimana rasanya mendapatkan THR, sudah lama tidak mendapatkan THR, semoga tahun depan bisa bagi-bagi THR. Aamiin.

Tahun ini, tahun 2019 menjadi tahun penuh kebahagian bagi para PNS, bagaimana tidak, selain menerima THR mereka juga menerima gaji ke-13. Gaji bulanan dapat, gaji ke-13 dapat dan uang THR juga dapat. Mantap jiwa raga pokoknya.

THR adalah hak yang wajib diterima oleh seorang pekerja, dan perusahaan wajib memberikan THR kepada anak buahnya. Semua karyawan yang sudah mempunyai masa kerja 1 (satu bulan) atau lebih secara terus menerus. Jadi tidak tergantung karyawan yang bersangkutan adalah karyawan tetap, karyawan kontrak atau karyawan paruh waktu.

Besarnya THR yang wajib diterima oleh pekerja sudah diatur dalam pasal 3 ayat 1 permenaker no.6/2016, sebagai berikut :

  1. Pekerja/buruh yang telah mempunyai masa kerja 12 bulan secara terus menerus atau lebih sebesar 1 bulan upah.
  2. Pekerja/buruh yang mempunyai masa kerja 1 bulan secara terus menerus tetapi kurang dari 12 bulan diberikan secara proporsional dengan masa kerja yakni dengan perhitungan masa kerja/12 X 1 (satu) bulan upah.
Upah yang dimaksud dalam penghitungan tersebut adalah gaji tetap ditambah tunjangan tetap. Uang makan, uang transport tidak dimasukkan hitungan karena uang tersebut dibayarkan secara optional atau tergantung dari absensi mereka.

Kalau diperaturan pemerintah di atas, karyawan mendapatkan satu kali upah, tapi kalian pernah dengar ada yang terima THR 2 kali gaji bahkan ada yang terima THR 3 kali gaji. Lalu itu bagaimana? Ketentuan tersebut di atur masing-masing perusahaan dalam peraturan perusahaan. Atau bisa dengan kata lain aturan pemerintah dalam pemberian THR adalah batas minimal yang wajib diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya.

THR diberikan kepada semua karyawan, tidak hanya bagi mereka yang beragama Islam saja, untuk pemberian THR bagi non muslim, bisa disaat mereka akan merayakan hari besar agama mereka, atau bisa juga diberikan bersamaan dengan hari besar agama lain.

Bagi siapapun yang menerima uang THR tahun ini, bagi yang satu kali gaji, dua kali gaji ataupun tiga kali gaji, manfaatkan uang itu dengan sebaik-baiknya dan jangan berlebihan dalam penggunannya.
Selamat menerima THR bagi yang menerima, dan semoga tahun depan bisa memberikan THR juga aamiin.




Noted : 

  • sumber artikel / tulisan : gajimu.com
  • Sumber gambar untuk sampul cover dari postingan adalah : Gambar oleh Steve Buissinne dari Pixabay
  • Tulisan ini dibuat dalam rangka mengikuti challenge #30HariKebaikanBPN #30dayramadhanblogchallenge yang diselenggarakan oleh BPN (Blogger Perempuan Network) dan ini untuk tema hari ke-14.
untuk ikutan silahkan : klik bloggerperempuan.co.id


Posting Komentar

2 Komentar

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak. j