TRADISI LEBARAN DARI TAHUN KE TAHUN


Lebaran adalah saatnya mempererat jalinan tali silaturohim baik dengan keluarga jauh ataupun dengan tetangga. Saling mengunjungi dihari lebaran adalah salah satu caranya. Biasanya yang muda yang berkunjung ke yang lebih tua.

Setiap keluarga selalu punya tradisi yang berbeda. Tradisi inilah yang membuat lebaran sayang untuk dilewatkan.

Dan ini adalah tradisi lebaran ala keluarga aku. Bapak dan ibu kebetulan mereka berdua adalah anak terakhir dari masing-masing keluarga. Jadi sudah dipastikan Bapak dan Ibu menjadi yang paling muda.

Kebetulan ibu ikut Bapak, otomatis keluarga bapak adalah keluarga yang letaknya paling dekat. Biasanya dan sudah jadi kebiasaan dari tahun ke tahun sejak zaman dahulu, hari pertama dihabiskan untuk mengunjungi ke rumah bude dan pakde (saudara laki-laki atau perempuan dari pihak Bapak) dan selain itu juga berkunjung ke rumah tetangga sekitar.

Baru lebaran di hari kedua, satu keluarga dengan formasi penuh, berkunjung ke rumah bude dan pakde (saudara laki-laki atau perempuan dari pihak ibu), karena letaknya yang agak jauh dari rumah kita biasanya menyewa kendaraan agar bisa membawa tim kesebelasan secara bersama-sama.

Formasi tim kesebelasan terdiri dari bapak ibu ditambah 7 anak + 6 anak menantu dan 12 cucu. Kebayang nggak bagaimana suasananya?

Tapi sudah beberapa tahun ini formasi berubah. Karena Bapak dan Ibu sudah termasuk yang paling tua di lingkungan sekitar, jadi hari pertama the best couple ini jaga gawang di rumah alis nerima tamu. Sedangkan anak-anak dan para cucu tetap menjalankan tradisi lebaran dari tahun ke tahun ke rumah bude dan pakde, biasanya kita jalan kaki ramai-ramai, sambil ngobrol dan sambil becanda.

Kalau di hari kedua kita naik kendaraan, menyewa kendaraan ini sudah dilakukan dari beberapa tahun yang lalu, dulu waktu aku masih usia sekolah dasar itu kita kesananya dengan jalan kaki, lumayan jauh banget karena masih belum ada kendaraan yang lewat ke situ, tapi senang juga pas jalan kaki, gak ada perasaan capek, sambil ngobrol tiba-tiba sudah sampai rumahnya pakde.

Bertemu keluarga jauh yang jarang sekali kita temui, bahkan mungkin kita berkunjung ke rumah mereka hanya pas lebaran saja adalah hal yang sangat menggembirakan. Dari tradisi ini kita bisa memberi tahu kepada anak dan cucu kita bahwa ini lo keluarga kita, ini lo saudara kalian.

Tradisi jangan sampai hilang tergerus oleh jaman yang serba canggih.
Lalu bagaimana dengan tradisi lebaran ala keluarga kalian?
Yuk berbagi di sini.




Noted :
  1. Sumber cover sampul diambil dari :pixabay.com (dengan akun FB : @sabinevanerp.webdesigner )
  2. Tulisan ini sengaja dibuat untuk mengikuti challenge #30HariKebaikanBPN #30DaysRamadhanBlogChallenge yang diadakan oleh Blogger Perempuan Network (BPN). Dan ini adalah untuk tema hari ke-25



bloggerperempuan.co.id

Posting Komentar

0 Komentar