SECUIL CERITA LALU TENTANG RAMADHAN



Assalamualaikum Wr Wb

Mulai umur berapa kalian bisa puasa ramadhan satu bulan penuh, tanpa bolong?
Jawabannya pasti bervariasi, tiap orang pasti beda-beda. Ada yang dari kelas 3 sekolah dasar sudah puasa ramadhan penuh, ada yang baru kelas 6 sekolah dasar baru bisa puasa penuh.

Kalau aku sendiri, aku lupa pastinya, cuma seingat aku kalau nggak kelas 5 ya kelas 6 sekolah dasar aku baru bisa puasa penuh di bulan Ramadhan. Orang aku di kelas 3 sekolah dasar, mau belajar puasa penuh, saat Dzuhur sudah pasti disuapin sama ibu. Terus ibu bilang ‘ora usah cerito nyang koncomu.’  Ha ha ha ha , tidak sehari atau dua hari saja itu, tapi satu bulan penuh. Karena aku waktu itu pengen puasa satu hari penuh, malu kan sama teman-teman kalau aku Cuma puasa setengah hari. Tapi kayaknya memang aku waktu itu bukan masuk kategori ‘belajar puasa’, orang sahurnya saja aku mau berangkat sekolah, terus pulang sekolah makan siang, sore sekitar jam 3 disuruh minum lagi sama ibu. Nahan lapar dan hausnya dari mana coba?
Jadi aku salut banget kalau ada anak sekitar kelas 3 SD sudah puasa penuh, kelas 1 SD sudah belajar puasa setengah hari. Dua jempol buat kalian. Kalian memang luar biasa.

Sewaktu kecil atau sekitar usia 9-10 tahun, mengikuti shalat terawih itu sangat lama dan melelahkan, apalagi di daerah rumah aku, shalat terawihnya 8 derakat dengan formasi dua kali sama, kemuudian ditambah witir 3 rekaat dengan 1 kali salam.

Terus apa kalian tahu apa yang dulu aku lakukan bersama teman-temanku masa kecil? He he he, aku cuma shalat isyak aja, sisanya aku nggak sholat. Tapi para orangtua yang selalu pengen berada di shaf paling depan, tahunya kami semua anak-anak ikutan shalat. Tapi faktanya zonk.

Karena saat jamaah sudah mulai duduk tahiyat akhir, kita semua langsung ambil posisi duduk tahiyat akhir, dan mengakirinya dengan mengusap muka dengan kedua telapak tangan. Dan itu dilakukan sepanjang ramadhan. Ha ha ha ha . hebat benar shalat terawihku waktu itu.

Saat kecil memang membahagiakan sekali. Karena kita tahunya bagimana caranya bermain dengan berbahagia. Lalu masa kecilmu saat ramadhan seperti apa? Share di sini yuuuk....







Noted :
  1. Sumber gambar cover judul adalah :pixabay.com
  2. Tulisan ini sengaja dibuat dalam rangka mengikuti challenge #30HariKebaikanBPN #30DaysRamadhanBlogCHallenge yang diadakan oleh Blogger Perempuan Network (BPN). Dan ini untuk tema hari ke-17

untuk ikutan : silahkan diklik




Posting Komentar

0 Komentar