Rekomendasi Tempat Buka Puasa di Pacitan


Puasa ramadhan memang identik dengan kumpul-kumpul bersama teman-teman atau keluarga. Ngaku deh berapa kali kalian dapat undangan untuk buka puasa bersama dari teman-teman, baik teman TK, SD, SMP, SMA atau kuliah? Pasti lebih sekali kan?

Saat buka puasa bareng kita pasti ingin tempat yang nyaman dan mudah aksesnya dan tentunya banyak menu pilihan yang enak-enak. Diriku sedikit bingung saat ditodong tema hari kedua untuk #30dayramadhanblogchallenge #30HariKebaikanBPN, kenapa aku bingung? Karena aku hampir tidak pernah buka puasa diluar, jikapun ada undangan buka bareng rata-rata lebih sering di rumah teman. Pernah beberapa kali dapat undangan buka puasa bareng di cafe atau resto tapi sayangnya aku nggak bisa datang.  

Tapi bukan berarti di Pacitan tidaka ada tempat hits untuk buka puasa bareng ya, di Pacitan sekarang sudah banyak cafe ataupun restoran, beberapa flayer promosi tentang menu buka puasa sudah banyak yang tertempel di pinggir-pinggir jalan. Karena ramadhan memang momentum yang tepat untuk promosi gila-gilaan.

Beberapa tempat yang menjadi rekomendasiku untuk tempat buka favorit di kota Pacitan adalah sebagai berikut :

Komplek Pasar Minulyo
sumber foto : @pasarminulyo_pacitan
Menjadi pasar terbesar di kabupaten Pacitan dan salah satu pasar percontohan di Indonesia, Pasar Minulyo menjadi primadona baru buat para warga Pacitan. Jika dari dini hari pasar Minulyo sudah ramai oleh pedagang sayur keliling yang sedang belanja, maka di sore hari sampai malam hari area depan pasar Minulyo banyak diisi oleh kuliner, Pasar Minulyo merupakan salah satu kawasan wisata kuliner di Pacitan. Banyak menu pilihannya mulai dari gorengan, soto pacitan, bakso, nasi goreng, sate, kupat tahu dll tersaji di sini. Kita tinggal pilih mau apa. Kalau aku menyebut tempat kuliner di kompleks Pasar Minulyo ini adalah sejenis pujasera. Selain banyak pilihan menu, kelebihan lainnya adalah area parkir yang sangat luas, arus lalu lintas yang lancar dan mudah diakses karena dekat dengan terminal bus Pacitan dan alun-alun pacitan. Jika kalian buka puasa di pasar Minulyo kalian tidak usah kwatir susah untuk melakukan shalat magrib, karena di area pasar Minulyo juga tersedia mushola.
Pasar Minulyo terletak di jalan Gatot Subroto Kecamatan Pacitan Kabupaten Pacitan. 
 Kompleks Alun-Alun Pacitan.

sumber foto : halopacitan.com
Alun-alun menjadi tujuan wisata yang tidak boleh dilupakan, alun-alun pacitan kini sudah banyak mengalami perubahan dibandingkan sebelumnya. Banyak penjual makanan di area alun-alun ini yang berjejer rapi, lingkungan juga bersih dan tentunya nyaman.
Banyak menu pilihan yang disajikan mulai dari pentol bakar, jadah bakar, nasi goreng, bakso, cilok, siomay, batagor, wedang ronde, gorengan, sempol ayam, nasi pecel dsb.
Jika mau buka puasa di sini, sebelum menunggu bedug kita bisa jalan-jalan dulu di alun-alun, karena ada taman, air mancur, bisa lah buat selfie-selfie dulu. Di sekitar alun-alun juga terdapat beberapa cafe dan gerai minuman.
sumber : pacitanku.com

Sudah seperti pakem yang berlaku di Indonesia, rata-rata sebagian besar alun-alun yang ada di Indonesia selalu berdekatan dengan masjid agung. Begitu pula di Pacitan, jadi jangan kwatir shalat magribnya telat, karena habis buka kita bisa langsung ke masjid agung Pacitan, bisa ditempuh dengan jalan kaki kok. Lebih baik lagi kalau habis magrib kita bisa menunggu sejenak untuk ibadah isya’ plus tarawih juga di masjid agung ini.
Karena letaknya di pusat kota jadi dipastikan akses ke sini sangat mudah dan untuk masalah parkir aman, masjid agung punya area parkir yang sangat luas begitu pula di alun-alun.
sumber : pacitanku.com

Kawasan JLS
sumber : news.detik.com

Kawasan JLS (Jalur Lintas Selatan) di Pacitan yang diresmikan oleh Bapak Susilo Bambang Yudhoyono menjadi tempat nongkrong baru bagi masyarakat Pacitan terutama kawula muda. Di sepanjang jalur JLS tepatnya di daerah Ploso atau sebelum Jembatan JLS, banyak terdapat restoran yang menyajikan masakan yang memanjakan lidah. Jika kalian di Pacitan, kawasan ini bisa dijadikan salah satu alteranatif pilihan untuk buka puasa bersama. Beberapa resto di kawasan ini menyajikan menu makan seperti ayam bakar, ikan bakar, ceker ayam dan lainnya, selain itu juga ada beberapa penjual pinggir jalan yang menjual seperti cilok, sempol ayam, mie goreng, dsb.
Karena kawasan ini berada di pinggir jalan raya jadi diharapkan untuk hati-hati.
 
jembatan JLS , sumber foto : pacitanku.com

Itulah beberapa tempat pilihan untuk buka puasa versi aku, semoga bisa membantu kalian dalam menentukan pilihan ketika berada di Pacitan atau kalian yang sedang di Pacitan.

Selamat menunggu bedug magrib dan selamat menjalankan ibadah puasa.




Tulisan ini dibuat untuk mengikuti challenge #30harikebaikanBPN #30dayramadhanblogchallenge yang diadakan oleh Blogger Perempuan. Tema hari kedua “Tempat Buka Puasa Favorit di Kotamu”
mau ikutan : klik ini aja


Posting Komentar

0 Komentar