MUDAH BUAT CAMILAN BERBUKA ALA SKIPPY



Setelah puasa seharian penuh, menyiapkan segala sesuatu untuk berbuka adalah sebuah kewajiban. Beberapa orang mungkin ada yang bisa langsung makan makanan berat saat berbuka, misalnya sate ayam 20 tusuk plus nasi ditambah minumnya satu gelas besar es teh, mantaap bener ya. Atau mereka yang berbuka harus dengan makanan ringan dulu, baru nanti setelah selesai Shalat Magrib baru makan makanan berat. Kalau kalian tim mana?

Kalau aku buka puasa dengan yang ringan-ringan dulu, baru setelah magrib makan ke menu utama. Pernah coba buka puasa langsung makan nasi dan hasilnya perut terasa gak enak.

Dan untuk menu makanan ringan buat buka aku mau coba menggunakan selai skippy. Sudah pada tahu kan selai skippy?

Skippy adalah selai kacang. Dimana komposisi bahannya 85% adalah kacang tanah, jadi kebayangkan rasa gurih dan enaknya kacang tanah itu terasa banget di selai skippy ini. Sudah pada tahu kan kalau kacang tanah merupakan salah satu sumber protein nabati. Selain memang sudah pasti sehat, selai Skippy juga sudah mendapatkan label halal dari MUI, jadi langsung tancap gas gak da keragu-raguan untuk membelinya. Info - info tentang Skippy Peanut Butter bisa dilihat di : SKIPPY Indonesia

Karena diriku berada di kota kecil, sempat mencari di salah satu toko di Pacitan, selai Skippy ternyata nggak di situ, sudah berencana mau beli online saja, yang berarti perlu waktu untuk pengiriman juga. Akhirnya ku coba cari di Indomaret dan alhamdulilahnya ada. Di Indomaret tingga 3 pcs dan tinggal varian yang 170 gram saja. Langsung aja beli.

Terinspirasi dari postingan kak Arinda Shafa, silahkan baca di sini :www.arindashafa.com

Aku memutuskan membuat Bola-bola Cokelat Manis Skippy untuk menu camilan berbuka hari ini.

Yuk simak cara membuatnya, sangat mudah dan tidak perlu waktu lama.

Untuk bahan dan cara membuat, tidak aku kreasikan, aku lakukan seperti cara Kak Arinda Shafa jelaskan diblognya. Karena pernah ada yang bilang padaku I”Kalau mencoba resep baru untuk pertama kalinya, jangan sekali-kali melakukan inovasi, buat sesuai petunjuk nanti jika sudah benar baru lakukan inovasi” yang bilang bukan chef terkenal kok, tapi teman aja.

RESEP BOLA – BOLA COKELAT MANIS SKIPPY

BAHAN :

  • Selai Skippy creamy ; secukupnya
  • Roti Kering (ini yang beda dari apa yang dikatakan oleh kak Arindha, kalau kak Arindha memakai roti marie, aku pakai roti kering. Karena apa di rumah adanya roti kering)
  • Susu kental manis (pakai cokelat batangan juga bisa)
  • Meses warna-warni

Cara Membuat :
  1. Masukkan roti kering ke dalam wadah. Banyaknya bahan roti yang dipakai nanti bakalan berpengaruh dengan banyaknya selai skippy yang kita gunakan.
  2. Kemudian tumbuk roti kering tersebut sampai halus.
  3. Tambahkan 1-2 sendok makan selai kacang skippy, waktu membuat ini aku pakai 3 sendok makan, karena roti kering yang sudah ditumbuk sampai halus tadi harus dicampur atau diuleni dengan selai skippy sampai menggumpal. Inilah kenapa banyaknya bahan yang dipakai berpengaruh terhadap banyaknya selai kacang skippy yang bakalan kita gunakan.
  4. Bentuk adonan tadi menjadi bola-bola, ukuran sesuai selera
  5. Kemudian gulingkan bola-bola roti tadi di atas susu kental manis yang yang sudah dituangkan di dalam wadah. Kalau pakai cokelat batangan harus dicairkan terlebih dahulu ya, aku memakai susu kental manis, jadi tinggal tuang.
  6. Lalu taburi meses warna warni.
  7. Simpan di dalam frezer selama 1 jam. Kata kak Arinda jika menggunakan susu kental manis tidak boleh terlalu lama di simpan di dalam frezer karena susu coklat kental manisnya bisa mencair. Sedangkan kalau pakai cokelat batangan yang sudah dicairkan, bisa ditaruh di freeze kurang lebih 2-3 jam.
  8. Bola-bola cokelat manis skippy siap di santap, tapi nunggu bedug magrib dulu ya.


Asal kalian aku tahu, aku membuat ini dibantu oleh keponakan aku yang masih kelas 1 sekolah dasar. Jadi anak-anak tidak akan bosen menunggu bedug magrib, karena mereka ada kegiatan yang mengasyikan ini.

Tapi maaf tidak ada gambar untuk hasil dari bola-bola cokelat manis ini, karena setelah terdengar bedug magrib, langsung diserbu dan habis dalam hitungan beberapa detik aja.

Rasanya mantap, enak banget. Kacangnya terasa, cokelatnya juga terasa. Bagi aku yang sangat suka sekali dengan segala hal makanan yang berasa kacang tanah, selai skippy ini rasa kacang tanahnya terasa sekali, dan sama sekali tidak bikin eneg. Teksture selainya juga halus. Di makan langsung juga enak. Habis ini aku udah kebayang mau buat menu apa buat buka puasa esok hari.

Buktikan sendiri ajaibnya selai Skippy dan selamat mencoba
Selamat berbuka puasa juga.


Noted : Tulisan ini dibuat untuk mengikuti challenge #30harikebaikanBPN #30dayramadhanblogchallenge yang diadakan oleh Blogger Perempuan.
 
untuk ikutan : klik di sini

Posting Komentar

0 Komentar