MENU ANDALAN YANG HARUS ADA SAAT BUKA PUASA BARENG KELUARGA



Undangan bukber di bulan Ramadhan dipastikan mengalir deras, mulai dari teman TK hingga kuliah semua berlomba-lomba mengajak untuk buka bersama. Tapi persis seperti apa yang dikatakan oleh Arafah di iklannya yang sering banget muncul akhir-akhir ini, yaitu “Bukber yang paling wah ya sama keluarga”

Setiap keluarga, selalu mempunyai menu andalan atau setidaknya menu yang selalu ada saat buka. Kalau nggak menu itu buka terasa kurang lengkap. Ada 3 menu andalan yang siap disajikan di meja makan ala ‘Mamak terlove’, biasanya tidak 3 sekaligus, tapi salah satu saja. Karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.
Pertama : Sayur Bening
Katanya, buka puasa itu paling mantap kalau sudah ‘nyrutup’ kuah sayur bening. Dan lagi tubuh kita memang membutuhkan banyak nutrisi setelah seharian berpuasa. Jadi saat berbuka nggak hanya enak saja yang dikejar.
Kedua : Urap
Urap atau kalau di sini disebut dengan nama “Krawon” bukan rawon. Ini sayuran lagi bahan dasarnya. Mamak terlove memang pecinta sayuran. Katanya kalau buka puasa tidak ada sayuran pas puasa keesokan harinya tubuh rasanya tidak enak. Dan ini semua anggota keluarga sangat menyukainya. 
Ketiga : Sop
Sop sayuran ala Mamak terlove adalah dengan bumbu yang tidak digoreng dengan minyak. Jadi bumbunya cukup digeprek aja langsung masukkan ke dalam air.

Dari ketiga menu buka di rumah memang tidak jauh-jauh dari sayuran sebagai bahan pokoknya,atau kalau tidak ada berarti ada yang namanya 'kulupan', sayuran yang direbus, dari sini aku sadar bahwa selera anggota keluarga pada dasarnya bersumber dari selera sang Ratu bagaimana ia menyiapkan makanan. Karena kata Bapak Raja, dari kecil sama mereka berdua anak-anak tidak pernah ditanya mau makan apa, jadi apa yang dimasak oleh sang Ratu itulah yang harus dimakan. Jadi saat ada bertanyaan besok masak apa, ku bingung menjawabnya, dan hanya saja kujawab, ‘bebas, yang ada dimeja makan apa ya itu yang dimakan’.

Tapi kalau saat hari terakhir puasa, di mana esok-nya sudah lebaran ada satu menu yang nyempil, yang di hari-hari puasa sebelumnya hampir tidak pernah ditemukan di rumah yaitu adalah es buah atau es sirup atau minuman yang ada es-nya. Kata bapak kalau buka pakai minum dengan air es, keesokan harinya saat puasa badan kita akan lemes dan tidak enak. Dan aku sudah membuktikan itu memang benar. Kalau hari biasa cukup buah dan segelar air putih untuk membatalkan puasa.

Itulah beberapa menu yang harus ada saat buka bersama di rumah bareng keluarga, karena di menu yang sederhana itu ada semangat dan kebahagian yang tidak akan bisa ditukar dengan apapun.

Selamat menjalankan ibadah puasa.





Noted :
  1. Sumber gambar cover untuk sampul judul diambil dari :pixabay,com , akun instagram @msqrd2
  2. Tulisan ini sengaja dibuat untuk mengikuti challenge #30HariKebaikanBPN #30DaysRamadhanBlogChallenge yang diadakan oleh Blogger Perempuan Network (BPN), untuk tema hari ke-23.



bloggerperempuan.co.id








Komentar

Postingan populer dari blog ini

TENTANG LAYANAN SERVICE "JTR" DARI JNE

MERK BUKU TULIS YANG PALING TERKENAL DI INDONESIA

WANITA DAN SIFAT CEREWETNYA