CARA MENGGUNAKAN MAXIM PRESTO



Para ibu-ibu atau mereka yang suka berkutat di dapur pasti sudah tidak asing lagi dengan alat ini.

Sudah pada tahu belum bagaimana cara penggunaan panci presto, sebelum ke cara penggunaan lebih baik kita mengenal dulu bagian-bagian dari panci presto ini.
dokumen pribadi
presto dan steamer (umber : shopee.co.id


Cara pemakaian panci presti Maxim 4L adalah sebagai berikut :
  • Oleskan sedikit minyak di sekitar bibir presto sebelum digunakan untuk memasak. Agar tutup dapat dibuka dan ditutup kembali dengan mudah.
  • Perhatikan isi atau bahan yang akan dipresto, karena ada perbedaan dari bahan yang digunakan. Jika memasak daging atau ikan tidak boleh melebihi ¾ dari tinggi presto. Apabila memasak nasi, maka tingginya tidak boleh melebihi 2/3 dari tinggi presto. Sedangkan jika memasak sejenis tepung, jagung, kacang dan bumbu yang dapat mengembang  tidak boleh melebihi dari 1/2 dari tinggi presto. Untuk presto Maxim tipe 4L diameter 20cm ini dilengkapi dengan steamer, jika menggunakan steamer atau tatakan sendiri maka tingginya tidak boleh melebihi 1/4 dari tinggi presto.
  • Sebelum menggunakan presto, pastikan setiap komponen presto dalam kondisi baik dan tidak ada kotoran yang menyumbat.
  • Untuk menutup presto, cocokkan tanda “▼” pada bibir tutup dengan tanda “▲” pada gagang bawah. Putar gagang atas searah jarum jam sampai gagang atas dan bawah bertemu dengan gagang bawah.
  • Peganglah gagang bawah dan gagang samping ketika memindahkan presto. Letakkan presto secara merata di atas kompor. Letakkan secara hati-hati dan pastikan api tidak mengenai dinding dari presto. Lebih baik menggunakan panas yang tinggi pada awal memasak.
  • Ketika uap keluar secara terus menerus dari katup pembatas tekanan kecilkan api. Jagalah katub tekanan untuk mengeluarkan uap secara terputus-putus dan mengeluarkan suara bising. Jangan pindahkan presto, mengambil katup tekanan atau membuka gagang pada saat panas.
  • Untuk pendinginan presto bisa digunakan dua cara, pertama secara lambat yang berarti dibiarkan begitu saja atau ditunggu sampai dingin. Yang kedua dengan cara cepat yaitu menggunakan air (taruh presto dibawah kran air dan biarkan air mengalir membasahi presto atau dengan cara body presto direndam di air)
  • Ketika tidak ada uap lagi dari lubang uap dan tongkat penyetop telah turun putarlah gagang atas berlawanan arah jarum jam hingga “▼” pada gagang bertemu dengan tanda “▲” pada gagang bawah.


Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan panci presto adalah sebagai berikut :
  1. Setelah digunakan cabutlah alat pengaman, bersihkan alat tersebt dari lubang pengeluaran uap.
  2. Jangan panaskan presto dalam keadaan kosong (tanpa ada air di dalamnya) presto tersebut akan cepat rusak.
  3. Jika sesuatu yang tidak normal muncul pada presto saat pemakaian. Jangan digunakan dan harap dikirim ke tempat perbaikan.
  4. Jangan meninggalkan presto pada saat dipanaskan.

Asal kalian tahu, sampai sekarang kalau di rumah lagi masak pakai presto, yang berani dekat cuma ibu, karena suara yang ditimbulkan oleh presto ini agak horor setidaknya menurut keluargaku, tapi kayaknya memang lebih aman dibandingkan goreng ikan ya..

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.






foto cover judul, diunggah dari halaman pixabay, klik disini 

Posting Komentar

0 Komentar