Cara Mengatasi Ketombe di Rambut



Ketombe di rambut merupakan hal yang menakutkan, tidak hanya kaum wanita para priapun akan dibuat kelabakan jika rambut mereka ada ketombenya.
Sudah pada tahu belum sih, apa itu ketombe?

Ketombe adalah : Juga disebut sindap dan kelemumur; dengan nama ilmiah Pityriasis capitis) adalah pengelupasan kulit mati berlebihan di kulit kepala. Sel-sel kulit yang mati dan terkelupas merupakan kejadian alami yang normal bila pengelupasan itu jumlahnya sedikit. Namun, ada orang yang mengalami secara terus menerus (kronis ataupun sekali-sekali, pengelupasan dalam jumlah yang besar yang diikuti dengan pemerahan dan iritasi. Kebanyakan kasus ketombe dapat disembuhkan dengan sampo khusus atau pengobatan bebas.(Sumber :wikipedia.org )

Lalu bagaimana cara mengatasi ketombe yang menyerang kepala dan rambut?
  1. Pertama : Tetap rajin mencuci rambut atau keramas, setidaknya dua hari sekali. Mungkin ada beberapa yang berpendapat bahwa keramas malah akan membuat ketombe semakin banyak, ini salah. Karena kulit kepala yang kotor akan menimbulkan ketombe lebih parah, dan rambut akan rontok dan kemungkinan menjadi sarang kutu rambut semakin besar.
  2. Kedua : Pastikan mencuci rambut dengan shampoo dan cuci rambut hingga bersih. Tidak ada sisa busa sedikitpun baik di rambut atau di kulit kepala. Karena hal ini akan memicu munculnya serpihan putih-putih di kulit kepala (salah satu menyebab ketombe)
  3. Ketiga : Pilih sampo yang tepat. Biasanya sampo untuk ketombe sudah diciptakan dengan formula khusus yang bisa menyembuhkan ketombe di kulit kepala.
  4. Keempat : jangan terlalu sering gonta-ganti sampo. Karena kulit kepala akan melakukan adaptasi lagi, dan ini menjadi salah satu penyembab ketombe juga. Jika sudah cocok dengan satu sampo maka lebih baik memakai sampo tersebut secara rutin.
  5. Kelima : Pakai bahan-bahan tradisional yang bisa mengobati ketombe. Biasanya bahan-bahan tradisional tidak memicu masalah baru dikulit kepala. Bahan-bahan tradisional itu antara laian : minyak zaitun, buah lemon, lidah buaya, dan masih banyak lagi.


Jika ketombe masih saja membandel disarankan untuk coba ke dokter atau orang yang lebih ahli.
Semoga bermanfaat.





Noted :
Foto cover, diambil dari pixabay,silahkan www.pixabay.com
Artikel atau tulisan ini dibuat dalam rangka #30harikebaikanBPN #30dayschallengeramadha




Posting Komentar

0 Komentar