AMALAN – AMALAN SELAMA BULAN PUASA



Bulan puasa adalah bulan penuh berkah. Segala hal yang kita lakukan bisa menjadi ibadah. Ibadah yang kita lakukan mempunyai kesempatan untuk mendapatkan dua kali lipat pahala, di Bulan Ramadhan semua berlomba-lomba untuk melakukan dan memberikan yang terbaik. Kesempatan untuk beribadah terbuka lebar dan seluas-luasnya.

Bulan Ramadhan adalah bulan penggemblengan untuk seluruh umat Islam di dunia ini untuk 11 bulan yang lainnya. Bulan Ramadhan adalah bulan belajarnya seorang manusia untuk menghadapi 11 bulan yang lain.

Amalan-amalan di Bulan Ramadhan tidak ada bedanya dengannya amalan-amalan dalam beribadah di 11 bulan yang lainnya. Yang berbeda kalau Ramadhan ada shalat terawih kalau hari biasa ada shalat malam atau Qiyamul Lail. Terawih dan Qiyamul Lail sama-sama shalat malam, Cuma kalau Qiyamul lail bisa dilakukan setiap hari tidak hanya dibulan puasa dan dilakukan setelah kita bangun dari tidur malam, sedangkan Shalat Terawih, hanya di bulan Ramadhan dan dilakukan setelah Shalat Isyak.

Lalu, amalan – amalan seperti apa yang membuat ibadah Ramadhan kita menjadi full berkah dan barokah selain berpuasa tentunya, sebagai berikut :
Sedekah
Kesempatan sedekah terbuka lebar. Tidak hanya dengan harta benda yang kita miliki, dengan tenaga pun kita bisa melipatgandakan sedekah kita di bulan Ramadhan. Yang punya uang, bisa bagi-bagi takjil kepada mereka yang berpuasa, selain itu bisa juga bagi-bagi makanan untuk buka puasa dan atau sahur. Menyumbang untuk pembangunan masjid  dsb. Lalu yang tidak punya uang bagaimana? Kita bisa membantu menyiapkan segala sesuatu untuk shalat terawih dan bisa juga dengan membangunkan orang untuk sahur.
Tadarus / mengaji Al-Quran.
Bulan Ramadhan, biasanya di masjid-masjid baik di kampung atau di perkotaan masjid-masjid sangat ramai, latunan kalimat ALLAH terdengar dengan jelas. Disinilah bisa menjadi ladang pahala buat kita, jika kamu merasa mengaji sendiri itu berat, cobalah bergabung dengan mereka-mereka yang melakukan tadarusan di Masjid selama bulan puasa, selain bisa menjalankan ibadah kita juga bisa menjalin tali silaturohim kepada sesama. Bisa juga dengan cara menargetkan kepada diri sendiri, bahwa selama bulan Ramadhann harus khatam satu kali, dua kali atau tiga kali. Nanti bisa bikin reward buat diri sendiri, jika berhasil menakhlukan tantangan itu.
Perbanyak Dzikir dan Berdoa.
Jika di bulan Ramadhan tidur kita saja menjadi ibadah, apalagi dengan dizikir dan berdoa. Di Bulan Ramadhan ini ada 3 waktu yang sangat baik untuk berdoa, yaitu :
  • Waktu sahur / di sepertiga malam terakhir.

Semua tahu bahwa sepertiga malam terakhir adalah wakt yang sangat tepat untuk berdoa. Karena pada saat itu ALLAH SWT turun ke langit dunia, dan mengabulkan doa yang kita panjatkan, memberikan apa yang kita minta, dan mengampuni segala ampunan kita
  • Ketika berbuka puasa

Dalam sebuah hadist Rasullullah SAW bersabda :” Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil dan doanya orang yang terzhalimi” (HR. Tirmidzi)
  • Ketika malam Lailatul Qadar

Malam diturunkannya AL-Quran, malam yang lebih baik dari malam 100 bulan.
Banyak mendatangi majelis Ilmu
Saat ramadhan seperti ini, biasanya banyak masjid-masjid yang mengadakan kajian ilmu, selain menambah pengetahuan kita tentang ilmu agama, Majelis ilmu punya kedudukan yang sangat tinggi di mata ALLAH SWT. Kita bisa menjalin silaturohmi dengan orang-orang baru.  
Shalat
Shalat adalah tiang agama, puasa ramadhan penuh satu bulan tapi shalatnya bolong-bolong, sama juga dengan boong. Shalat tepat waktu dan tidak bolong, menjadi salah satu ujian ketika menjalankan ibadah Ramadhan selain menahan lapar dan haus.

Itulah 5 amalan selama bulan Ramadhan yang perlu kita tingkatkan. Dari kelima itu yang paling berat adalah Shalat tepat waktu, dari sini aku merasa itulah kenapa shalat menjadi hal pertama yang nantinya dihisap, jika shalat kita baik maka baiklah seluruhnya. Tapi sangat berat, shalat tidak hanya tentang kita melakukan shalat 5 waktu selama satu hari, tapi banyak hal-hal yang menjadi satu kesatuan atau bisa dikatakan rukun-rukun shalat, mulai dari wudhu, tepat waktu, gerakan shalat dsbnya harus sesuai dengan syariah dan aturan yang sudah ditetapkan.

Semoga kita selalu bisa menjadi lebih baik lagi dari diri kita sebelumnya, semoga semua amalan-amalan yang gampang dan mudah kita lakukan di Ramadhan ini bisa tetap kita lakukan di 11 bulan lainnya. Aamiin

Jika ada kesalahan dalam penulisan artikel ini, mohon koreksinya dan apakah kalian punya amalan-amalan selain di atas selama bulan Ramadhan? Yuk mari berbagi dan silahkan tulis di kolom komentar.

Selamat menjalankan ibadah puasa





Noted :
Cover judul, bersumber dari :pixabay
Tulisan ini sengaja dibuat untuk challenge #30HariKebaikanBPN #3oDaysramadhanblogchallenge yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network (BPN). Dan ini untuk tema hari ke-19


ikutan, yuk bloggerperempuan.co.id

Posting Komentar

2 Komentar

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak. j