“#AYO HIJRAH BARENG, BARENG BANK MUAMALAT INDONESIA

Hijrah berasal dari kata hajara-yahjuru yang berarti memutuskan, meninggalkan atau berpisah. Nabi Muhammad SAW beserta pengikutnya melakukan hijrah dari Mekah ke Madinah untuk menghindari ancaman atau tekanan dari kaum kafir quraisy di Mekah.
Makna hijrah sangat luas, tidak hanya tentang berpindah dari satu tempat ke tempat lain yang lebih baik, seseorang yang sadar dan tahu bahwa apa yang dia lakukan itu salah akan selalu berusaha untuk memperbaiki diri, proses seseorang untuk menjadi lebih baik ini bisa dikatakan sebagai proses hijrah, ia meninggalkan hal-hal yang tidak sesuai dengan syariah agar bisa menjadi manusia yang lebih baik dan senantiasa mengharap ridho ALLAH SWT atas apa yang telah ia lakukan.
Sekecil apapun tindakan kita untuk meninggalkan hal-hal bertentangan dengan prinsip syariah itu sangat berarti. Aku pernah dalam kondisi di mana aku tidak menyukai dengan apa yang namanya jilbab, pakai jilbab hanya waktu ada kegiatan ramadhan saja pas di sekolah menengah, tapi ternyata segala hal yang baik memang perlu dipaksa, aku waktu kuliah masuk di jurusan yang mengharuskan mahasiswanya untuk memakai kerudung. Memakai kerudung layaknya portal pintu masuk yang bisa buka tutup, memakai kerudung yang mencekik leher dengan bahan yang tipis semua pernah aku lakukan. Rasa nyaman dan ketenangan serta tahu bahwa Islam sudah menentukan aturan-aturan baku tentang cara muslim berpakaian berupah cara pandangku, meskipun kini masih belum dikatakan murni syariah tapi inilah prosesnya. Sudah stop memakai celana jins ataupun kain dan beralih ke rok atau gamis, jilbab mencekik leher dan tipis sudah tidak ada lagi dan berganti dengan jilbab dengan bahan yang tidak nerawang dan menutup dada. Proses ini tidak mudah, butuh tekad yang luar biasa. Belajar dan terus belajar untuk menjadi muslimah yang baik, yang mampu menerapkan islam secara menyeluruh dalam kehidupan sehari-hari.

Islam adalah agama yang sempurna. Ada aturan main yang harus ditaati oleh setiap muslim jika ingin hidupnya tenang, tentram, bahagia dunia akhirat. Mulai dari hal-hal yang dianggap sebagian orang kecil, Islam pun mengaturnya dengan sempurna, seperti makan harus dengan tangan kanan dan tidak boleh berdiri, masuk ke kamar mandi, sekedar mengetuk pintupun islam punya adabnya sendiri, dsb, hal ringan seperti itu jangan diabaikan karena bisa dinilai juga sebagai ibadah buat kita. Karena dalam Islam segala sesuatu bisa menjadi ibadah jika dilakukan sesuai dengan syariah atau aturan yang sudah ditetapkan.
Lalu adakah aturan dalam bidang ekonomi atau perniagaan?
Dalam hal ekonomi atau perniagaan, islam-pun punya aturan mainnya sendiri. Seperti dalam arti Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 278-279, sebagai berikut :
Artinya: Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa Riba (yang belum dipungut) jika kamu orang-orang yang beriman.” (Q.S AL Baqarah ;278).
“Jika kamu tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba), Maka ketahuilah, bahwa Allah dan Rasul-Nya akan memerangimu. dan jika kamu bertaubat (dari pengambilan riba), Maka bagimu pokok hartamu; kamu tidak Menganiaya dan tidak (pula) dianiaya.” (Q.S Al- Baqarah;279).

Riba atau tambahan dan sekarang lebih dikenal dengan nama bunga. Bank syariah menjadi solusi buat kita semua, bukan hanya untuk para muslim saja karena sejatinya islam adalah rahmatan lil alamain, rahmat untuk seluruh alam. Seperti yang aku tuliskan di atas, bahwa proses hijrah atau proses memperbaiki diri untuk tidak mudah, akan terasa mudah saat kita melakukannya bersama-sama.
sejalan dengan tujuan hijrah yaitu untuk menjadi pribadi yang lebih baik, hijrah dari sistem konvensional ke sistem syariah menjadi sebuah keharusan. Maka dari itu yuk hijrah dari sistem konvensional ke sistem syariah.
Konsep hijrah ini selaras dengan konsep Ayo Hijrah yang diusung oleh Bank Muamalat Indonesia.

Apakah itu Ayo Hijrah?
Konsep #AyoHijrah yang diusung oleh Bank Muamalat Indonesia adalah mengajak semua lapisan masyarakat Indonesia untuk hijrah tidak hanya dalam hal beribadah saja.

#AyoHijrah adalah gerakan yang mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama selalu meningkatkan diri ke arah yang lebih baik dalam segala hal. Islam bukan hanya agama yang mengatur hubungan kita dengan Sang Pencipta, tapi juga merupakan jalan hidup (way of life) sehingga #AyoHijrah juga mengajak untuk menjalani hidup sesuai tuntunan Islam yang baik dan berkah. Demikian pula melalui #AyoHijrah ini Bank Muamalat mengajak masyarakat untuk berhijrah dalam hal layanan perbankan (pengelolaan keuangan) dengan memanfaatkan layanan perbankan Syariah untuk hidup yang lebih berkah.
#AyoHijrah yang digagas oleh Bank Muamalat Indonesia bertujuan untuk meningkatan kualitas diri, baik secara individu maupun organisasi, untuk semakin kaffah menjalankan syariat Islam, khususnya dalam konteks layanan perbankan syariah. Cita-cita yang hendak diwujudkan oleh Bank Muamalat adalah menyetarakan pertumbuhan nasabah bank syariah agar setara dengan kondisi rakyat Indonesia yang mayoritas muslim.
Setelah mengetahui apa itu #ayohijrah dan tujuan dari #ayohijrah, sudah pada kenal dengan Bank Muamalat Indonesia belum?

Bank Muamalat Indonesia ?
BankMuamalat Indonesia adalah bank pertama murni syariah yang didirikan di Indonesia. Resmi berdiri 1 November 1991 dan mulai beroperasi pada 1 Mei 1992. Dengan usia 27 tahun, Bank Muamalat Indonesia terus melakukan inovasi yang diharapkan semakin memberi kemudahan kepada masyarakat Indonesia untuk bisa menjadi lebih baik dalam hal transaksi keuangan tanpa khawatir melanggar hukum syariah.

Mengapa masyarakat Indonesia harus Hijrah ke Bank Muamalat?
  • Bank Muamalat adalah bank pertama murni syariah di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1992.
  • Bank Muamalat tidak menginduk dari bank lain, sehingga terjaga kemurnian syariah nya.
  • Pengelolaan dana di Bank Muamalat didasarkan pada prinsip-prinsip ekonomi syariah yang dikawal dan diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah.
  • Bank Muamalat memilki produk dan layanan keuangan lengkap yang ditunjang dengan berbagai fasilitas seperti Mobile Banking, Internet Banking Muamalat dan jaringan ATM dan Kantor Cabang hingga ke luar negeri.

Sejak tahun 2015, Bank Muamalat Indonesia bermetamorfosa untuk menjadi entitas yang semakin baik dan meraih pertumbuhan jangka panjang. Dengan strategi bisnis yang terarah Bank Muamalat Indonesia akan terus melaju mewujudkan visi menjadi “The Best Islamic Bank and Top 10 Bank in Indonesia with Strong Regional Presence”.

Sistem bagi hasil menjadi dasar Bank Muamalat Indonesia menjalankan sistem operasionalnya. Beberapa akad yang dipakai oleh Bank Muamalat Indonesia adalah sebagai berikut :
 
untuk detail tentang akad silahkan klik di sini
 
Dengan kampanye #AyoHijrah yang digalakkan oleh Bank Muamalat Indonesia, agar selaras dengan hal tersebut produk dari Bank Muamalat Indonesia diberikan nama baru, yaitu sebagai berikut :
  1. Tabungan iB Hijrah 
  2. Tabungan iB Hijrah Haji dan Umrah
  3. Tabungan iB Hijrah Rencana
  4. Tabungan iB Hijrah Prima
  5. Tabungan iB Hijrah Prima Berhadiah 
  6. Deposito iB Hijrah
  7. Giro iB Hijrah
  8. Pembiayaan Rumah iB Hijrah Angsuran Super Ringan dan Fix and Fix (masih dalam proses pengajuan kepada Regulator/OJK)

Produk #AyoHijrah lengkap banget kan? Udah segera buka rekening Bank Muamalat Indonesia dan pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kalian, datang aja ke kantor cabang terdekat, dan akan disambut ramah oleh para customer service dari Bank Muamalat.
Pegawai Bank Muamalat Indonesia memang ramah-ramah, dan mereka punya aura menyenangkan yang bisa membuat orang lain betah. Ini pengalaman aku sendiri, adem rasanya saat berada di sekitar orang-orang yang menyenangkan.
Aku punya rekening Bank Muamalat Indonesia, dulu rekening itu dalam bentuk instan (kayak beli no perdana ponsel) namanya Shar-e, dulu aku buka rekeningnya lewat teman yang sedang magang di koperasi syariah yang bekerja sama dengan Bank Muamalat Indonesia. Dulu kalau buka rekening Bank Muamalat tidak perlu datang ke kantor cabang, bisa ke kantor pos atau ke mitra-mitra yang punya kerjasama dengan Bank Muamalat Indonesia.
Kartu ATM Shar-e ini dulu warnanya hitam, waktu itu masih kuliah di Malang, baru setelah hijrah dari Malang ke Blitar dan mau nabung sama mbak-mbak cantik Teller yang aku lupa namanya siapa, menyarankan aku untuk ganti tabungan, hijrah dari rekening lama ke rekening yang baru, dan tampilannya warnanya itu menyenangkan.
Dan inilah penampakan wujud rekening Bank Muamalat aku yang baru.



Tapi itu pengalaman aku yang dulu, karena sekarang aku tinggal di Pacitan dan Bank Muamalat Indonesia masih belum buka di sini, jadi nomer rekening aku sudah lama tidak aktif, semoga masih bisa dipakai, dan Bank Muamalat buka cabang di sini. Aamiin. Agar bisa #ayohijrah bareng-bareng dengan seluruh masyarakat Indonesia.
Sudahkah siap #ayohijrah bereng, bareng Bank Mualamat Indonesia?
Dengan gerakan #AyoHijrah, apa sih yang ingin di capai oleh Bank Muamalat Indonesia? Bank Muamalat Indonesia ingin menjadi sebagai pusat Ekosistem Ekonomi Syariah dan turut membangun industri halal di Indonesia dengan memanfaatkan perkembangan teknologi.
Pada bingung dan penasaran serta ingin belajar gerakan #AyoHijrah dan produk Bank Muamalat Indonesia tapi tidak tahu harus kemana?
Selain kalian bisa langsung datang ke cabang-cabang terdekat Bank Muamalat Indonesia yang ada di kota – kota kalian, kalian bisa tahu segala info tentang #AyoHijrah dan produk Bank Muamalat Indonesia melalu media sosial resmi dari Bank Muamalat Indonesia, sebagai berikut :
Instagram : bank.muamalat
Twitter : BankMuamalat
Youtube : Bank Muamalat


Yuk dukung gerakan #Ayohijrah dari Bank Muamalat Indonesia sekarang juga.



Posting Komentar

1 Komentar

  1. Bank Syariah memang menguntungkan kaum muslim karena terhindar dari riba

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak. j