BUAH LOKAL, MANTAP JIWA SEPANJANG MASA

sumber : sumber : pinterest


Judulnya tidak terkesan lebay bukan? Dan aku rasa banyak orang yang setuju dengan judul di atas.

Indonesia berada di iklim tropis, di mana pada negara yang berada dalam iklim tersebut sinar matahari yang bersinar sepanjang tahun membuat tanaman tumbuh subur, tidak terkecuali buah-buahan.

Buah-buahan tropis sangat kaya akan nilai gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Berikut 5 buah lokal yang menjadi favorit aku :


sumber gambar ; pinterest.com
MANGGA : Indonesia kaya akan variasi buah mangga, yang aku tahu variasi dari buah mangga adalah manalagi, madu, talijiwo, gadung, dsb.
Di daerah aku sendiri, tanaman mangga banyak tumbuh di halaman rumah-rumah warga, dan nanti biasanya pada musim panen mangga berbuah, tetangga sebelah rumah pasti kebagian rezeki. He he he indahnya bertetangga.
Aku suka buah mangga itu yang tidak terlalu matang dan tidak terlalu muda. Jadi rasanya mangga itu manis tapi ada rasa asamnya juga. Kayak kehidupan kalau perpaduan manis dan asam membuat kehidupan semakin berwarna.
Mangga ini juga banyak mengandung vitamin C.

sumber foto : pinterest.com

NANGKA ; nangka merupakan salah satu buah dengan aroma menyengat, tapi menurt aku aroma nangka itu harum. Aroma nangka beda dengan aroma durian, meskipun sama-sama menyengkat, tapi hidungku yang luar biasa ini kalau mencium aroma nangka tidak protes. Ha ha ha.
Ternyata buah nangka itu sangat baik bagi kesehatan tubuh, ia mempunyai segudang manfaat untuk tubuh (untuk tahu segudang manfaat buah nangka : klik di sini )


PISANG : aku rasa buah lokal yang peminatnya paling banyak adalah buah pisang. Ada satu buah pisang yang sangat aku suka, namanya kalau di sini adalah “gedang awak”, dulu waktu pernah di Surabaya dan Malang aku sempat mencari pisang ini, tapi udah ngubek-ngubek di pasar tradisional tidak ketemu. Pisang awak atau gedang awak ini selain enak dimakana, baik langsung dijadikan buah atau harus diolah dulu seperti digoreng, dikukus juga sebagai bahan utama untuk membuat kripik magak / kriping pisang.
Pada dasarnya semua pisang aku suka, tapi memang pisang awak ini yang paling-paling dari yang lain. Pisang juga sangat baik bagi kesehatan karena mengandung berbagai macam vitamin dan mineral selain itu juga mengandung karbohidrat dan proten yang tinggi.

sumber: pinterest

PEPAYA : Buah yang bisa tumbuh disegala musim, rasanya manis dan enak. Mungkin dari beberapa orang tidak suka dengan pepaya karena baunya.
Sama halnya dengan si buah mangga, pepaya ini kalau di daerah aku biasanya ditanam dipekarangan belakang rumah atau di lahan-lahan kosong. Perawatannya termasuk mudah.
Buah pepaya ini sangat baik untuk pencernaaan, pernah dengan nggak kalau kalian mengeluh susah buang air besar, pasti disuruh makan buah pepaya? Dan aku merasakan sekali manfaat dari buah pepaya ini.

BELIMBING , buah yang mempunyai bintang ini, sangat menyegarkan saat dimakan ketika cuaca sangat panas, meskipun pada dasarnya rata-rata semua buah memang cocok dimakan disegala waktu dan suasana.
Yang aku suka dari buah belimbing karena selain mempunyai kandungan air yang sangat cukup, rasanya yang merupakan perpaduan dari rasa asam dan manis, itu bagiku sangat mantap jiwa dan raga.

Itulah beberapa buah lokal yang menjadi favorit aku.
Kalau buah favorit kalian apa?
Tulisan ini aku ikut sertakan dalam #challengeaccepted untuk tema kedua yaitu buah-buahan favorit.   



Posting Komentar

1 Komentar

  1. pengen makan belimbing, sukaa bangettt, kecut-kecut gimana gtuu, tapi susah dapatnya, hikss

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak. j